Kecerdasan Buatan Pada Game Edukasi Untuk Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Pendekatan Heuristik Similaritas
Main Article Content
Abstract
Game menjadi salah satu industri yang berkembang pesat pada kehidupan sehari-hari. Saat ini
game sangatlah popular di semua kalangan baik kalangan anak-anak, remaja maupun dewasa. Namun
masih banyak game yang hanya memprioritaskan unsur adiktif dan mengabaikan unsur edukatif. Selain
itu, banyak game berbasis pendidikan yang kurang memiliki unsur fun. Oleh karena itu, diperlukan game
yang memiliki unsur edukasi dan fun sebagai media hiburan dan pendidikan bagi pengguna. Game
edukasi yang bermanfaat di era globalisasi ini ialah tentang game edukasi Bahasa Inggris. Dalam
pembangunan game dibutuhkan rancangan teori yang disebut gamification dimana salah satu elemen
penting yang harus ada di dalam game ialah peran dari kecerdasan buatan dimana sering disebut AI
(Artificial intelligence). Penelitian ini bertujuan untuk membangun AI pada game edukasi Bahasa Inggris
yang cepat dan akurat. Metode yang digunakan pada AI ialah berbasis pada pendekatan heuristik terhadap
kebiasaan manusia dalam menjawab soal seperti menyamakan soal dengan ingatannya pada kejadian
sehari-hari. Sehingga pada AI diperlukan suatu persamaan untuk menghitung similaritas antara data di
soal dan database. Hasil penelitian menunjukkan bahwa game dapat berjalan dengan lancar pada platform
desktop dan android. Hasil metode AI yang diterapkan juga mendapatkan nilai akurasi yang tinggi yakni
85% dan memiliki tingkat kecepatan yang baik yakni rata-rata sekitar12-16 milidetik. Sehingga metode
pendekatan heuristik similaritas merupakan metode yang cukup menjanjikan ketika diimplementasikan
pada kecerdasan buatan di game edukasi Bahasa Inggris untuk menjawab soal secara otomatis.
Article Details
- JSI menggunakan perjanjian lisensi ekslusif, yaitu penulis memegang hak cipta atas artikel dan memberikan hak publikasi kepada Jurnal Sistem dan Informatika (JSI).
- JSI mempunyai hak ekslusif untuk mempublikasi dan mendistribusikan artikel secara sebagian atau keseluruhan, dan memberikan hak kepada orang lain sesuai dengan lisensi yang digunakan.
- JSI berhak untuk menyediakan artikel dalam berbagai bentuk dan media, sehingga artikel dapat digunakan untuk teknologi terbaru bahkan setelah dipublikasikan.
- JSI berhak untuk menegakkan hak-hak atas nama penulis pada artikel terhadap pihak ketiga. Misalnya dalam kasus plagiarisme atau pelanggaran hak cipta.
- Artikel harus dirujuk, link terhadap lisensi harus disediakan, dan jika terdapat bagian artikel yang diubah harus ditandai.
- Jika artikel disadur sehingga terdapat perubahan, hasil saduran harus didistribusikan menggunakan lisensi yang sama.
- Tidak diperkenankan untuk membatasi orang lain terhadap apa yang diperbolehkan oleh lisensi.