Main Article Content

Basilius Agung Widya Wirawan
Suyoto Suyoto
A. Djoko Budiyanto

Abstract

Dunia bisnis sudah merambah segala dimensi. Begitupun teknologi yang dijadikan sebagai alat
bantu bahkan ujung tombak dalam usaha pemasaran dan operasional. Saat ini banyak perusahaan yang
menggunakan media sosial namun sebatas untuk memperkenalkan merk. Hubungan dengan pelanggan
adalah salah satu kunci kesuksesan sebuah organisasi. Di Indonesia, media sosial menduduki peringkat
tertinggi penggunaan internet dan ini menjadi peluang yang sangat besar bagi para pelaku bisnis untuk
dapat memanfaatkan situasi dengan strategi yang tepat. Penelitian ini dilakukan dengan metode studi
literatur dengan mengkaji penelitian-penelitian terdahulu yang membahas mengenai pemanfaatan
teknologi khususnya media sosial dari segi penerimaan dan juga penggunaannya. Teori mengenai
Customer Relationship Management yang telah berkembang menyentuh ranah media sosial dan semakin
dekat dengan teori penerimaan teknologi pun dijadikan bahan penelitian. Penelitian ini menghasilkan
sebuah rancangan model konseptual untuk dapat dipakai mengukur tingkat penggunaan dan penerimaan
konsumen terhadap media sosial untuk strategi m-bisnis dimana Technology Acceptance Model yang
dikolaborasikan dengan Social Customer Relationship Management tersusun atas variabel familiarity,
care, information sharing, critical mass, enjoyment, perceived trust-worthiness, perceiveid usefulness,
perceived ease of use, attitude toward usage, behavioral intention, dan actual use yang berdasarkan
penelitian terdahulu dinilai banyak mempengaruhi penggunaan media sosial

Article Details

How to Cite
Wirawan, B. A. W., Suyoto, S., & Budiyanto, A. D. (2018). Perancangan Model Konseptual Penggunaan Dan Penerimaan Media Sosial Untuk M-Bisnis. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 11(2), 28-34. Retrieved from https://jsi.stikom-bali.ac.id/index.php/jsi/article/view/109
Section
Articles
Indexed and Journal List Title by: