Main Article Content

Gusti Ngurah Mega Nata
Putu Pande Yudiastra

Abstract

Memanfaatkan email untuk pemasaran adalah salah satu strategi marketing yang sangat
efektif dan murah. Walaupun demikian, email marketing tidak boleh dikirim secara sembarangan dan
terus – menerus. Pengiriman email yang berlebihan serta tidak sesuai dengan minat atau bisnis dari
orang yang menerima akan diabaikan atau bahkan dianggap spam oleh penerima. Akibat dari hal
tersebut, hubungan bisnis antara perusahaan dengan client atau calon client menjadi tidak terjalin
dengan baik. Maka, sebelum mengirim email promosi produk akan lebih baik jika bagian marketing
mencari tahu minat dan beberapa informasi penting berkaitan dengan penerima. Informasi tentang minat
atau kesukaan dari client dapat ditemukan dari kumpulan email yang pernah mereka kirim ke inbox kita.
Namun menemukan minat client dari dokumen email perlu teknik khusus dalam mengolah data teks.
Maka dari itu, Pada penelitian ini fokus melakukan studi dan implementasi text mining pada dokumen
email. Dokumen email dianalisis dengan memperhitungkan jumlah kata yang muncul pada email
tersebut. Representasi teks yang digunakan yaitu single word. Single word tersebut kemudian menjadi
masukan dari proses dokumen clustering dengan algoritma K-mean pada fase data mining. Hasil dari
clustering inilah yang dapat digunakan oleh pihak marketing sebagai penunjung kegiatan promosi
produk. Dari hasil perancangan, pengembangan serta pengujian aplikasi terhadap dokumen email
didapatkan hasil yaitu sistem sudah dapat melakukan preprocessing teks menggunakan teknik parsing,
stopword removal, dan stemming sehingga menghasilkan kumpulan kata dasar (bag of word). Pada
proses pencarian minat dengan term yang dimasukkan, sistem sudah dapat menemukan email client
dengan arah minat tertentu menggunakan teknik TF-IDF. Pada proses pengelompokkan dokumen email
menggunakan algoritma K-mean clustering pada dokumen email yang sudah dilabelkan sebelumnya
memberikan akurasi 63,63% dari 11 dokumen email yang sudah digabung dari setiap pengirim. Dari
hasil pengujian sistem sudah dapat digunakan sebagai dasar pemilihan calon penerima email marketing
sesuai dengan term / key word yang dimasukkan serta berdasarkan kemiripan dari isi email marketing.

Article Details

How to Cite
Nata, G. N. M., & Yudiastra, P. P. (2018). Knowledge Discovery Pada Email Box Sebagai Penunjang Email Marketing. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 12(1), 26-37. Retrieved from https://jsi.stikom-bali.ac.id/index.php/jsi/article/view/138
Section
Articles
Indexed and Journal List Title by: