Main Article Content

I Gusti Made Murjana

Abstract

Proses belajar mengajar di sekolah melibatkan guru dan siswa. Dalam proses belajar mengajar
terdapat transfer pengetahuan antara guru dan siswa. Transfer pengetahuan dapat dilakukan dengan
berbagai cara dan media baik media konvensional maupun terkomputerisasi. Beberapa sekolah masih
menggunakan media konvensional untuk transfer pengetahuan sehingga kurang menarik minat siswa.
Dengan perkembangan teknnologi informasi khususnya multimedia, proses belajar mengajar
dikembangkan sehingga lebih menarik minat siswa. Pelajaran fisika merupakan salah satu pelajaran
yang memerlukam pemahaman dan konsentrasi yang baik. Terkadang kurangnya minat siswa terhadap
pelajaran fisika karena materi yang sulit dan proses pembelajaran yang membosankan. Multimedia
pembelajaran dapat digunakan sebagai salah satu alternatif media pembelajaran yang menarik minat
siswa. Berdasarkan permasalahan tersebut, maka dalam penelitian ini dilakukan pembangunan
multimedia pembelajaran interaktif pembelajaran fisika khususnya untuk materi besaran dan satuan.
Pembangunan multimedia pembelajaran menggunakan flash. Metode penelitian yang digunakan adalah
model Multimedia Development Life Cycle (MDLC) yang terdiri dari tahapan concept, design, material
collecting, assembly, testing, dan distribution. Hasil penelitian ini berupa aplikasi multimedia
pembelajaran interaktif fisika berbasis flash yang telah diuji menggunakan metode black box testing.

Article Details

How to Cite
Murjana, I. G. M. (2017). Multimedia Interaktif Pembelajaran Fisika Besaran Dan Satuan Berbasis Flash. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 12(1), 56-65. Retrieved from https://jsi.stikom-bali.ac.id/index.php/jsi/article/view/139
Section
Articles
Indexed and Journal List Title by: