Main Article Content

Luh Made Yulyantari
I Wayan Suryasa

Abstract

Pembelajaran dapat dilakukan secara individu maupun secara kelompok. Terdapat beberapa
pendekatan atau metode dalam pembelajaran kooperatif, salah satunya adalah metode Jigsaw. Model
pembelajaran “Kooperatif Jigsaw” yaitu suatu metode pembelajaran yang mengkondisikan siswa
belajar dalam kelompok, bertanggung jawab atas penguasaan materi belajar yang ditugaskan
kepadanya, kemudian mengajarkan bagian tersebut kepada anggota kelompok yang lain. Terdapat
berbagai jenis pembelajaran yang membutuhkan media dalam penyampaiannya, salah satunya adalah
pembelajaran mata kuliah Bahasa Indonesia. Mata kuliah Bahasa Indonesia cocok untuk menggunakan
metode jigsaw karena materi yang ada di dalam mata kuliah tersebut membutuhkan metode diskusi
dalam penyampaiannya. Proses pembuatan media pembelajaran Bahasa Indonesia ini harus melalui
tahapan analisa dan perancangan. Oleh karena itu, analisis dan perancangan akan dibuat dengan detail
dalam dokumen perancangan, yang sering disebut dengan Spesifikasi Kebutuhan Perangkat Lunak
(SKPL) dan dilanjutkan dengan pembuatan Deskripsi Perancangan Perangkat Lunak (DPPL). Metode
pengembangan yang digunakan sesuai dengan unsur-unsur yang terkandung di dalam jenis-jenis
dokumen tersebut. Berdasarkan analisa dan perancangan yang telah dilakukan, maka dapat disimpulkan
bahwa sistem yang dirancang sudah menggunakan konsep dan tahapan pembelajaran dengan metode
Jigsaw, sehingga dapat dijadikan media pembelajaran sebagai alat bantu pembelajaran Bahasa
Indonesia.

Article Details

How to Cite
Yulyantari, L. M., & Suryasa, I. W. (2015). Perancangan Pengembangan Media Pembelajaran Bahasa Indonesia Dengan Penerapan Metode Jigsaw. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 10(1), 139-148. Retrieved from https://jsi.stikom-bali.ac.id/index.php/jsi/article/view/14
Section
Articles
Indexed and Journal List Title by: