Pengaruh Media Pembelajaran Kewarganegaraan Berbasis Game Online Terhadap Minat Belajar Mahasiswa
Main Article Content
Abstract
Beberapa penelitian menyatakan bahwa motivasi belajar Pendidikan Kewarganegaraan di
kalangan siswa dan mahasiswa masih sangat kurang. Pada penelitian ini bertujuan untuk mengetahui
pengaruh media pembelajaran GO MPK dengan motivasi mahasiswa dalam mempelajari matakuliah
Kewarganegaraan. Jenis penelitian eksperimen yang digunakan untuk menguji pengaruh media
pembelajaran yang telah dikembangkan dengan minat belajar mahasiswa adalah quasi eksperimental
design. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan Game Online sebagai media pembelajaran
mampu membantu meningkatkan minat belajar mahasiswa pada matakuliah Kewarganegaraan di STMIK
STIKOM Bali dengan kontribusinya sebesar 33%.
Article Details
How to Cite
Suardika, I. G., & Fauziawan, A. I. (2017). Pengaruh Media Pembelajaran Kewarganegaraan Berbasis Game Online Terhadap Minat Belajar Mahasiswa. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 12(1), 186-193. Retrieved from https://jsi.stikom-bali.ac.id/index.php/jsi/article/view/140
Issue
Section
Articles
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) bersifat open access, yaitu dapat diakses secara umum tanpa dikenakan biaya. Penulis yang menerbitkan artikelnya di JSI setuju dengan ketentuan berikut:
- JSI menggunakan perjanjian lisensi ekslusif, yaitu penulis memegang hak cipta atas artikel dan memberikan hak publikasi kepada Jurnal Sistem dan Informatika (JSI).
- JSI mempunyai hak ekslusif untuk mempublikasi dan mendistribusikan artikel secara sebagian atau keseluruhan, dan memberikan hak kepada orang lain sesuai dengan lisensi yang digunakan.
- JSI berhak untuk menyediakan artikel dalam berbagai bentuk dan media, sehingga artikel dapat digunakan untuk teknologi terbaru bahkan setelah dipublikasikan.
- JSI berhak untuk menegakkan hak-hak atas nama penulis pada artikel terhadap pihak ketiga. Misalnya dalam kasus plagiarisme atau pelanggaran hak cipta.
- Artikel harus dirujuk, link terhadap lisensi harus disediakan, dan jika terdapat bagian artikel yang diubah harus ditandai.
- Jika artikel disadur sehingga terdapat perubahan, hasil saduran harus didistribusikan menggunakan lisensi yang sama.
- Tidak diperkenankan untuk membatasi orang lain terhadap apa yang diperbolehkan oleh lisensi.