Main Article Content

M Samsudin
Ni Nyoman Utami Januhari

Abstract

Teknik pembelajaran secara e-learning semakin meningkat di jaman teknologi yang semakin berkembang. Dengan memanfaatkan kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi ini. Pembelajaran secara e-learning sudah diterapkan di lingkungan pendidikan. Dengan pembelajaran e-learning diharapkan dapat memperbaiki pola pembelajaran konvensional menjadi pola pembelajaran digital, seperti yang diharapkan oleh pengelola pendidikan. Masih banyak sekolah yang melakukan pembelajaran secara konvensional sehingga siswa belum dapat secara optimal menerima materi pembelajaran karena keterbatasan waktu pelajaran, sehingga dibutuhkan pengembangan sistem e-learning untuk mempermudah proses pembelajaran siswa. Pengembangan Teknik pembelajaran e-learning yang dikembangkan dengan Moodle. Dalam penelitian ini dibangun system informasi e-learning dengan tampilan Moodle Analisa dan desain sistem dengan pendekatan  Zachman  Framework dimulai  dengan  menentukan ruang  lingkup  sistem  (business  scope)  yang  meliputi  seluruh  data, Activity  Diagram,  dan  Sequence  Diagram serta tahap  terakhir  yang  dilakukan adalah membuat technology model yaitu menjelaskan tentang perancangan interface menu dan implementasi e-learning berbasis moodle dengan melakukan kustomisasi pada perangkat lunak Moodle (Modular Object-Oriented Dynamic Learning Environment). Dengan pengembangan e-learning sebagai sarana pembelajaran, kualitas pembelajaran dan hasil belajar semakin mudah dan cepat diterima oleh peserta didik. Selain itu hal ini penulis lakukan demi membantu para anak didik dapat mempelajari dan mengulang kembali materi pelajaran yang telah dipelajari.

Article Details

How to Cite
Samsudin, M., & Januhari, N. N. U. (2019). Pengembangan Pembelajaran E-learning Dengan Moodle (Modulator Object-Oriented Dynamic Learning Environment). Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 14(1), 1-8. https://doi.org/10.30864/jsi.v14i1.210
Section
Articles

References

Z. Yang, Z. Feng, L. Song, and S. Guo, “Actualizing of Information Management Systems for Special Vehicles Enterprise using Zachman Framework,” pp. 760–764, 2008.
“Semantic Web Processes : Semantics Enabled Annotation , Discovery , Composition and Orchestration of,” p. 7695, 2003.
A. M. Elkhadir and I. O. Saeed, “Job Satisfaction of Radiographic Technologist in Sudan and the Main Reasons of Dissatisfaction,” vol. 7, no. 1, pp. 2016–2018, 2018.
U. Narasimhamurthy and K. Al Shawkani, “Teaching of Programming Languages : An Introduction to Dynamic Learning Objects,” pp. 114–115, 2009.
M. A. S. Kamal, J. Murata, and K. Hirasawa, “Task-Oriented Reinforcement Learning for Continuous Tasks in Dynamic Environment Mw.”
M. Data, P. Jauh, and D. I. Kota, “Penyusunan sistem informasi ruang publik berbasis.”
M. Samsudin, “ANALISA PENGEMBANGAN E-LEARNING,” no. Selisik, 2018.
D. T. Juniper, R. H. Phipps, and G. Bertin, “Effect of dietary supplementation with selenium-enriched yeast or sodium selenite on selenium tissue distribution and meat quality in beef cattle,” no. July, 2008.
A. Prof, A. Adamov, S. Mehdiyev, and E. Seyidzade, “Good Practice of Data Modeling and Database Design for UMIS . Course Registration System Implementation,” 2002.
Y. Lin, “Research on Computer network Course in Information Management and Information System V4-176,” pp. 175–177, 2010.
R. Varga, “Zachman Framework in Teaching Information Systems,” 2003.
G. Piho, “Domain Analysis with Archetype Patterns Based Zachman Framework for Enterprise Architecture,” pp. 1351–1356.
Z. Chen and R. Pooley, “Rediscovering Zachman Framework using Ontology from a Requirement Engineering Perspective,” pp. 3–8, 2009.
M. Nikolaidou and N. Alexopoulou, “Enterprise Information System Engineering : A Model-based Approach based on the Zachman Framework,” pp. 1–10, 2008.
Indexed and Journal List Title by: