Pengukuran Kualitas Layanan Website Terhadap Kepuasan Pengguna pada Universitas XYZ dengan Menggunakan Metode Webqual 4.0
Main Article Content
Abstract
Salah satu perkembangan teknologi komputer yang banyak dimanfaatkan kegunaannya saat ini adalah Website. Website menjadi salah satu bentuk teknologi yang banyak digunakan karena dapat memberikan kemudahkan dan manfaat bagi penggunanya. Suatu website dapat dikatakan berkualitas apabila apa website tersebut dapat memenuhi kebutuhan atau dapat memberikan kepuasan kepada penggunanya. Penulis menggunakan Metode WebQual 4.0 dengan tiga dimensi utamanya yaitu usability, information, service interaction untuk mengukur kualitas layanan yang dapat dikaitkan dengan kepuasan pengguna. Penelitian ini dilakukan pada pengguna website di Universitas XYZ. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah regresi linier berganda. Hasil pengujian menyatakan bahwa variabel independen (usability, information, dan service interaction ) berpengaruh secara parsial terhadap variabel dependen (kepuasan pengguna) dengan nilai signifikansi dari setiap variabel usability, information, dan service interaction masing-masing sebesar 0,003, 0,000 dan 0,047.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) bersifat open access, yaitu dapat diakses secara umum tanpa dikenakan biaya. Penulis yang menerbitkan artikelnya di JSI setuju dengan ketentuan berikut:- JSI menggunakan perjanjian lisensi ekslusif, yaitu penulis memegang hak cipta atas artikel dan memberikan hak publikasi kepada Jurnal Sistem dan Informatika (JSI).
- JSI mempunyai hak ekslusif untuk mempublikasi dan mendistribusikan artikel secara sebagian atau keseluruhan, dan memberikan hak kepada orang lain sesuai dengan lisensi yang digunakan.
- JSI berhak untuk menyediakan artikel dalam berbagai bentuk dan media, sehingga artikel dapat digunakan untuk teknologi terbaru bahkan setelah dipublikasikan.
- JSI berhak untuk menegakkan hak-hak atas nama penulis pada artikel terhadap pihak ketiga. Misalnya dalam kasus plagiarisme atau pelanggaran hak cipta.
- Artikel harus dirujuk, link terhadap lisensi harus disediakan, dan jika terdapat bagian artikel yang diubah harus ditandai.
- Jika artikel disadur sehingga terdapat perubahan, hasil saduran harus didistribusikan menggunakan lisensi yang sama.
- Tidak diperkenankan untuk membatasi orang lain terhadap apa yang diperbolehkan oleh lisensi.
References
D. Puspitasari, B. P. Widyobroto dan Sumiyana, “Kajian Kepuasan Pelanggan Webiste Universitas Airlangga,†-, Vol. %1 dari %2-, no. -, pp. -, 2013.
A. Aditiya, Analisis Pengaruh Kualitas Website Terhadap Kepuasan Pengguna Berdasarkan Metode Webqual 4.0 pada Website www.wingscorp.com, Surabaya: STIKOM Surabaya, 2017.
U. Sekaran, Research Methods for Business, Jakarta: Salemba Empat, 2006.
Sugiono, Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D, Bandung: PT Alfabet, 2016.
C. Irawan, “Evaluasi Kualitas Website Pemerintah Daerah Dengan Menggunakan WebQual (Studi Kasus Pada Kabupaten Ogan Ilir),†Jurnal Sistem Informasi (JSI), vol. 4, no. -, pp. 488-502, 2012.
D. B. Napitupulu, “Evaluasi kualitas website universitas XYZ dengan pendekatan Webqual,†Buletin Pos dan Telekomunikasi, vol. 14, no. no.1, pp. 51-64, 2016.
S. J. Barnes dan R. Vidgen, “An Integrative Approach to the Assessment of E-Commerce Quality,†Journal of Electronic Commerce Research, vol. 3, no. -, pp. 114-127, 2002.
U. Sekaran, Research Methods for Business: A Skill-Building Approach, New York: John Wiley & Sons, Inc., 2003.
L. A. S. Waloyo, “Mengukur Kualitas Webiste Universitas Dengan Pendekatan Webqual (Studi Kasus : Unika Widya mandala Madiun),†dalam Prosiding Seminar Nasional Sains dan Teknologi Ke-9 Fakultas Teknik Univeristas Wahid Hasyim, Semarang, 2018.
Sugiono, Metode Penelitian Bisnis, Bandung: Alfabeta, 2003.
R. Rusniantoro, A. Kusyanti dan A. Rachmadi, “Analisis Kualitas Layanan Website XYZ Terhadap Kepuasan Pelanggan,†Jurnal Pengembangan Teknologi Informasi dan Ilmu Komputer, vol. 2, no. No.6, pp. 2150-2157, 2018.