Main Article Content

Syafrul Irawadi
Maxrizal
Sujono

Abstract

Pendidikan karakter semenjak usia dini merupakan program yang sedang digalakkan oleh pemerintah. Untuk menjawab tantangan itu, SD IT Al Mansyur yang terdapat di Desa Balunijuk, Kabupaten Bangka, menyelenggarakan pendidikan formal yang berbasis ilmu pengetahuan, iman dan takwa. Proses pembelajaran di SD IT Al Mansyur masih bersifat klasikal. Kesulitan yang sering ditemui siswa adalah sulitnya siswa menghafal ayat-ayat Al-Qur’an karena suasana pembelajaran yang terkesan formal dalam bentuk hafalan. Untuk itu, pada penelitian ini dikembangkan game berbasis Android untuk mempermudah hafalan ayat Al-Qur’an bagi siswa. Game hafalan dirancang dan dibangun menggunakan metode Waterfall dan menggunakan Uniform Resource Locator (URL) untuk mengambil data suara ke Dropbox service. Penelitian ini menghasilkan game hafalan yang telah memiliki fitur-fitur hafalan untuk menghafal Al-Qur’an di SD IT Al Mansyur.

Article Details

How to Cite
Irawadi, S., Maxrizal, & Sujono. (2020). Game Hafalan Ayat Al-Qur’an Berbasis Android Bagi Siswa Sekolah Dasar Islam Terpadu. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 14(2), 161-167. https://doi.org/10.30864/jsi.v14i2.295
Section
Articles

References

N. Hidayah, R. Afwani, and A. H. Jatmika, “Rancang Bangun Aplikasi Bantu Hafal Al-Qur’an Metode At-Taisir Berbasis Android,” J-Cosine, vol. 3, no. 1, pp. 30–38, 2019.
V. Maarif, H. M. Nur, and W. Rahayu, “Aplikasi Pembelajaran Ilmu Tajwid Berbasis Android,” Evolusi J. Sains dan Manaj., vol. 6, no. 1, pp. 91–100, 2018.
F. Firdausi, “Optimasi Kecerdasan Majemuk Sebagai Metode Menghafal Al-Qur’an (Studi atas buku ‘Metode Ilham: Menghafal al-Qur’an serasa Bermain Game’ karya Lukman Hakim dan Ali Khosim),” J. Stud. Ilmu-Ilmu Al-Qur’an dan Hadis, vol. 18, no. 2, pp. 189–210, 2017.
G. Schulz, Cloud and Virtual Data Storage Networking. New York: CRC Press Taylor & Francis Group, 2011.
R. S. Pressman, Software Engineering: A Practitioner’s Approach, 7th ed. New York: McGraw-Hill Education, 2010.
Indexed and Journal List Title by: