Main Article Content

Jose Augusto Duarte Guterres
Vera Selviana Adoe

Abstract

Penjualan merupakan kegiatan transactional yang dilakukan oleh para pelaku bisnis baik secara konvensional maupun secara elektronik. Saat ini, penjualan yang paling mudah dilakukan adalah penjualan secara elektronik dikarenakan sistem penjualannya tidak membutuhkan biaya yang mahal, cukup dengan media elektronik saja maka produk yang dijual dapat dilihat secara langsung oleh pembeli. Penjualan secara elektronik yang banyak dikenal yaitu e-commerce di mana tujuan dari e-commerce memberikan kemudahan bagi konsumen untuk dapat mengetahui secara pasti tersedia atau tidaknya suatu produk. Kendala utama masyarakat di Provinsi Nusa Tenggara Timur khususnya masyarakat kota dan Kabupaten Kupang dalam melakukan penjualan ternak yaitu waktu, lokasi, dan jarak tempuh. Selain itu, masyarakat sebagai pembeli juga masih sering mengalami kendala dalam membeli ternak dikarenakan, tidak semua ternak dapat ditemukan di pasar tradisional. Dikarenakan adanya permasalahan yang menjadi kendala masyarakat maka, peneliti ingin menawarkan Aplikasi Jupiter menggunakan sebuah konsep marketplace untuk mempertemukan antara penjual dan pembeli dengan model bisnis customer to customer (C2C) serta memanfaatkan Google Maps sebagai media navigasi. Peneliti menggunakan model pengembangan sistem yaitu V-Model dalam pengumpulan data hingga perancangan sistemnya. Dengan hasil yaitu aplikasi ini dapat memberikan kemudahan bagi penjual dalam memasarkan ternak dan  pembeli dalam mencari dan menemukan titik lokasi penjualan ternak.

Article Details

How to Cite
Duarte Guterres, J. A., & Vera Selviana Adoe. (2020). Pemanfaatan Persebaran Lokasi Jupiter Sebagai Media E-Commerce Menggunakan Model Bisnis C2C. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 15(1), 38-47. https://doi.org/10.30864/jsi.v15i1.296
Section
Articles

References

A. Anthony, A. R. Tanaamah, A. F. Wijaya, F. T. Informasi, U. Kristen, and S. Wacana, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Berdasarkan Stock Gudang Berbasis Client Server,” J. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 4, no. 2, pp. 136–147, 2017.
H. Himawan, A. Saefullah, and S. Santoso, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Penjualan Online (E-commerce) pada CV Selaras Batik Menggunakan Analisis Deskriptif,” Sci. J. Informatics, vol. 1, no. 1, pp. 53–63, 2015, doi: 10.15294/sji.v1i1.3641.
Y. Yulianto, F. Alfiah, E. P. Harahap, and B. A. Pahad, “Analisis Peranan Teknologi Internet Sebagai Media Transaksi E-commerce Dalam Meningkatkan Perkembangan Ekonomi,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed., pp. 25–29, 2015, [Online]. Available: https://ojs.amikom.ac.id/index.php/semnasteknomedia/article/view/827.
S. Maryama, “Penerapan E-commerce Dalam Meningkatkan Daya Saing Usaha,” Liquidity, vol. 2, no. 1, pp. 73–79, 2018, doi: 10.32546/lq.v2i1.132.
R. Yustiani and R. Yunanto, “Peran Marketplace sebagai Alternatif Bisnis di Era Teknologi Informasi,” J. Ilm. Komput. dan Inform., vol. 6, no. 2, pp. 43–48, 2017.
Nuryanti, “Peran E-commerce Untuk Meningkatkan Daya Saing Usaha Kecil dan Menengah ( UKM ),” J. Ekon. Manaj. Ekon. Univ. Riau, vol. 21, no. 4, p. 15, 2013, doi: 10.1073/pnas.0703993104.
P. Hartiwi, Darman, and N. Enny, “Analisis Kepercayaan dalam C2C E-commerce terhadap Keputusan Pembelian dan Dampaknya terhadap Repurchase pada Kaskus,” Binus Bus. Rev., vol. 5, no. 1, pp. 301–314, 2014, doi: 10.21512/bbr.v5i1.1218.
F. Oktaviani and D. Rustandi, “Implementasi Digital Marketing dalam Membangun Brand Awareness,” PRofesi humas J. Ilm. ilmu Hub. Masy., vol. 3, no. 1, p. 1, 2018, doi: 10.24198/prh.v3i1.15878.
K. BPS Kabupaten, “Kupang Dalam Angka 2018,” 1102001.5303. BPS Kabupaten Kupang, p. 347, 2018.
L. Agustina and F. Kurniawan, “Sistem Reputasi Penjual dalam Proses Pengambilan Keputusan Pembelian di Platform C2C E-commerce,” J. Komun. Indones., vol. 7, no. 1, 2018, doi: 10.7454/jki.v7i1.9700.
Y. Windarto, “Pengaruh Usability Factor Website E-commerce Model B2C Terhadap Kepercayaan User,” J. Sist. Inf., vol. 8, no. 2, pp. 1106–1120, 2016.
N. Kadek, Y. Utami, N. Made, and S. Wahyuni, “Kajian Usability E-Marketplace Bluprin Sebagai Direktori Bidang Arsitektur dan Desain Interior Dalam Dunia Digital,” Senada, vol. 2, pp. 589–597, 2019.
M. Robert and T. P. N. Bernadheta, “Analisis Sistem Informasi E-Marketplace Pada Usaha Kecil Menengah (UKM) Kerajinan Bambu Dusun Brajan,” Data Manaj. dan Teknoligi Inf., vol. 18, no. 2, pp. 48–53, 2017.
A. I Putu and P. Tubagus, “Efektifitas Marketplace dalam Meningkatkan Konsentrasi Pemasaran dan Penjualan Produk Bagi UMKM di Jawa Timur,” ResearchGate, no. April, 2019, doi: 10.13140/RG.2.2.10157.95206.
J. A. D. Guterres and M. M. Belalawe, “Pengembangan Appel Sarada Dengan Memanfaatkan Metode haversine Formula,” Teknika, vol. 8, no. 1, pp. 68–73, 2019, doi: 0.34148/teknika.v8i1.146.
R. Indah, Y. T. Mursityo, and M. C. Saputra, “Pengembangan Sistem Informasi Izin Kerja Dan Praktik Tenaga Kesehatan ( SINKES ) Dinas Kesehatan Kota XYZ,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput. Univ. Brawijaya, vol. 2, no. 12, pp. 6176–6185, 2018.
D. I. Windi Eka Y.R, Saiful Bukhori, “Perbandingan V-Model Tradisional dan Advance V-Model,” Pros. Semin. Nas. Ilmu Komput. 2013, no. November, pp. 49–53, 2013.
S. Mathur and S. Malik, “Advancements in the V-Model,” Int. J. Comput. Appl., vol. 1, no. 12, pp. 30–35, 2010, doi: 10.5120/266-425.
Indexed and Journal List Title by: