Main Article Content

Arizal
Annisa Nurul Puteri

Abstract

Pelayanan administrasi kepada mahasiswa menjadi satu hal yang penting pada sebuah universitas. Sistem informasi dapat membantu untuk mempermudah dan mempercepat pelayanan. Salah satu jenis pelayanan administrasi yaitu pelayanan manajemen wisuda yang masih dilakukan secara manual mulai dari pengambilan formulir hingga pengumpulan pelaksanaan wisuda. Sistem informasi wisuda merupakan salah satu cara agar pelayanan wisuda dapat dilaksanakan dengan lebih efektif dan efisien. Penelitian ini merancang sebuah sistem informasi manajemen wisuda berbasis website yang dapat membantu calon wisudawan, staf Prodi, dan panitia wisuda dalam manajemen proses wisuda. Metode waterfall digunakan dalam mengembangkan perangkat lunak. Sistem dirancang menggunakan use case diagram dan rich picture diagram untuk menjelaskan interaksi antara pengguna dengan sistem. Hasil dari penelitian ini adalah sebuah sistem informasi manajemen wisuda berbasis website yang menjadikan proses manajemen wisuda lebih efektif, efisien, dan sistematis. Berbagai fitur dalam sistem informasi ini memudahkan calon wisudawan, staf Prodi, dan panitia wisuda dalam melakukan manajemen data dan informasi wisuda. Selain itu, sistem informasi ini membuat pelaporan data menjadi lebih terkontrol karena data diperbarui secara real time.

Article Details

How to Cite
Arizal, & Annisa Nurul Puteri. (2020). Sistem Informasi Manajemen Wisuda Berbasis Website Menggunakan Metode Waterfall. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 14(2), 125-134. https://doi.org/10.30864/jsi.v14i2.309
Section
Articles

References

E. Y. Anggraeni, Pengantar Sistem Informasi. Yogyakarta: Penerbit ANDI, 2017.
Nuryasin, “Aplikasi Sistem Informasi Pendaftaran Wisuda Berbasis Online Studi Kasus FST UIN Syarif Hidayatullah Jakarta,” J. Sist. Inf., vol. 9, no. 1, pp. 99–112, 2016.
G. Agnarsson, R. Greenlaw, and S. Kantabutra, “The Complexity of Cyber Attacks in a New Layered-Security Model and the,” New Inf. Commun. Technol. Knowl. Manag. Organ., vol. 3, pp. 64–76, 2015.
R. S. Pressman, Software Engineering: A Practitioner’s Approach, Seventh ed. New York: McGraw-Hill Education, 2010.
N. Afni, R. Pakpahan, and A. R. Jumarah, “Rancang bangun sistem informasi penggajian dengan implementasi metode waterfall,” J. Khatulistiwa Inform., vol. VII, no. 2, pp. 99–104, 2019.
V. H. Kristanto, Metodologi Penelitian Pedoman Penulisan Karya Tulis Ilmiah (KTI). Yogyakarta: Deepublish, 2018.
K. I. S. Bittner, Use Case Modeling. Canada: Pearson Education, 2003.
K. M. Reid, AS Level for OCR Applied ICT. Oxford: Heinemann Educational, 2005.
T. S. Jaya, “Pengujian Aplikasi dengan Metode Blackbox Testing Boundary Value Analysis (Studi Kasus: Kantor Digital Politeknik Negeri Lampung),” J. Inform. Pengemb. IT, vol. 3, no. 2, pp. 45–46, 2018.
Indexed and Journal List Title by: