Main Article Content

Anak Agung Ngurah Bagus Ananda Kusuma
I Gede Harsemadi
I Gusti Ayu Desi Saryanti

Abstract

Pura Tambang Badung berlokasi di Kota Denpasar. Adapun Pura Tambang Badung sebagai jajaran pura tua, pura ibu atau pura kerajaan yang dipergunakan sebagai penobatan Raja Pemecutan XI. Pura Tambang Badung memiliki keunikan yaitu ada Pelinggih Hyang Ibu Candi, Pemedalan Siwa, Pemedalan Durga, Tari Baris Tengklong, Siat Sampian. Karena kurangnya informasi dan dokumentasi mengenai keberadaan dari Pura Tambang Badung, maka diperlukan sebuah media pengenalan berbasis multimedia yang bisa di jalankan pada android. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Dalam media pengenalan ini menyajikan informasi mengenai Pura Tambang Badung mulai dari sejarah, lokasi, galeri berisi foto dan video, perancang aplikasi serta terdapat kuis yang berisi latihan soal mengenai Pura Tambang Badung. Berdasarkan hasil pengujian metode black box testing didapatkan hasil bahwa semua fungsi dalam aplikasi berjalan normal dan sesuai rancangan, untuk pengujian dengan metode heuristic evaluation mendapatkan hasil cukup baik karena 7 dari 10 point telah terpenuhi dan pengujian lapangan melalui kuisioner dapat disimpulkan bahwa aplikasi mendapat penilaian sangat baik dengan persentase nilai pada aplikasi sebesar 90% dan penilaian sangat baik dengan persentase nilai pada video dokumenter sebesar 92%.

Article Details

How to Cite
Anak Agung Ngurah Bagus Ananda Kusuma, I Gede Harsemadi, & I Gusti Ayu Desi Saryanti. (2021). Media Pengenalan Pura Tambang Badung Berbasis Multimedia. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 16(1), 1-10. https://doi.org/10.30864/jsi.v16i1.321
Section
Articles

References

[1] H. Hadiwijono, Agama Hindu dan Buddha. Mulia., Jakarta: PT. BPK Gunung Mulia, 2008.
[2] M. A. Drs Anak Agung Ngurah Putra Darmanuraga, Prof. Dr. Lift. Dr. I Gusti Putu Phalgunadi, Sejarah Pura Tambang Badung. Pemecutan, Badung, 2013.
[3] I.G.W. Mahendra N.P., I Gede Harsemadi. 2021. Media Pengenalan Pengelukatan di Pura Luhur Tamba Waras berbasis 2 Dimension Hybrid Animation. Seminar Nasional Desain (SANDI 2021). Vol. 1, Tahun 2021.
[4] D. Lasut, S. Haryanto. 2016. Perancangan Aplikasi Pengenalan Tempat Wisata di Jawa Barat Berbasis Multimedia. Jurnal SISFOKOM, Volume 05, Nomor 01, Maret 2016.
[5] R. F. Ningrum, D. Kuswardani. Perancangan Multimedia Pengenalan Objek Wisata Di Daerah Sumatera Barat. Jurnal Format Volume 6 Nomor 2 Tahun 2017.
[6] I W. G. Oksarya E. S., I G. Suardika, N K. Sukerti, N P. N. Hendayanti. Multimedia Interaktif Pengenalan Pura Paluang Nusa Penida Bali Berbasis Android. Jurnal FASILKOM, Volume 10 No. 3 | Desember 2020: 301-306.
[7] S. Nurjaziah, Implementasi Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Lagu Anak - Anak Berbasis Multimedia. BSI Jakarta: Amik, 2016.
[8] Jenie Sundari, “Melestarikan Aksara Sunda Dengan Aplikasi Multimedia”, Jurnal Evolusi, Vol. 4, No. 2, pp. 28-32, 2016.
[9] A. H. Sutopo, Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu, 2007.
[10] Selfina Pare, “Desain Dan Implementasi E-Commerce Pada Toko As 88 Celluler Merauke”, Jurnal Ilmiah Mustek Anim, vol. 2, no. 3, pp. 222-229, Desember 2013.
[11] I. P. Wi. A. I Gede Harsemadi, Ida Bagus Suradarma, Evaluasi Heuristik Antarmuka Aplikasi Pengenalan Arsitektur Bangunan Meten Bali dalam Konverensi Nasional Sistem & Informatika. Sekolah Tinggi Manajemen Informatika Dan Teknik Komputer (STMIK) STIKOM Bali, 2017.
[12] Putu Krisnayani, I Ketut Resika Arthana dan I Gede Mahendra Darmawiguna, “Analisa Usability Pada Website UNDIKSHA Dengan Menggunakan Metode Heuristic Evaluation”, Kumpulan Artikel Mahasiswa Pendidikan Teknik Informatika (KARMAPATI), vol. 5, no. 2, 2016.
[13] B. Weksi, “Skala Pengukuran dan Jumlah Respon Skala Likert,” Ilmu Pertanian dan Perikanan, pp. 127–133, 2013.
Indexed and Journal List Title by: