Multimedia Interaktif Pengenalan Pura Lingga Bhuwana dengan Metode 2D Hybrid Animation
Main Article Content
Abstract
Pura Lingga Bhuwana adalah pura Kahyangan yang berlokasi di Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung. Pura ini dibangun bagi masyarakat Badung untuk meningkatkan srada bhakti-nya kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Bagi masyarakat Bali khususnya masyarakat Badung belum mengetahui lokasi pura dan bagaimana arsitektur bangunan dan sejarah asal mula tentang berdirinya pura ini. Kurangnya informasi mengenai Pura Lingga Bhuwana membuat masyarakat khususnya masyarakat di Bali belum mengetahui tentang informasi mengenai Pura tersebut. Maka dari itu diperlukan sebuah media pengenalan dan dokumentasi keberadaan Pura Lingga Bhuwana berupa video 2D Hybrid Animation. Video ini dijalankan di aplikasi Android dan dilengkapi dengan berbagai informasi mengenai Pura Lingga Bhuwana. Hasil akhir dari penelitian ini berupa Aplikasi Pengenalan Pura Lingga Bhuwana dengan menggunakan animasi 2 Dimensi yang berperan sebagai karakter yang mengenalkan Pura Lingga Bhuwana dengan latar video nyata. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dengan menggunakan metode Black Box Testing didapatkan hasil semua fungsi dapat berjalan sesuai rancangan. Hasil pengujian terhadap kategori video pengenalan pura dengan metode 2D Hybrid Animation dinyatakan sangat baik dengan persentase sebesar 88%.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) bersifat open access, yaitu dapat diakses secara umum tanpa dikenakan biaya. Penulis yang menerbitkan artikelnya di JSI setuju dengan ketentuan berikut:- JSI menggunakan perjanjian lisensi ekslusif, yaitu penulis memegang hak cipta atas artikel dan memberikan hak publikasi kepada Jurnal Sistem dan Informatika (JSI).
- JSI mempunyai hak ekslusif untuk mempublikasi dan mendistribusikan artikel secara sebagian atau keseluruhan, dan memberikan hak kepada orang lain sesuai dengan lisensi yang digunakan.
- JSI berhak untuk menyediakan artikel dalam berbagai bentuk dan media, sehingga artikel dapat digunakan untuk teknologi terbaru bahkan setelah dipublikasikan.
- JSI berhak untuk menegakkan hak-hak atas nama penulis pada artikel terhadap pihak ketiga. Misalnya dalam kasus plagiarisme atau pelanggaran hak cipta.
- Artikel harus dirujuk, link terhadap lisensi harus disediakan, dan jika terdapat bagian artikel yang diubah harus ditandai.
- Jika artikel disadur sehingga terdapat perubahan, hasil saduran harus didistribusikan menggunakan lisensi yang sama.
- Tidak diperkenankan untuk membatasi orang lain terhadap apa yang diperbolehkan oleh lisensi.
References
I Nengah Sukada, Purana Pura Lingga Bhuwana. 2015.
D. A. Agustinah, “Aplikasi Pengenalan Tempat Wisata Coban Di Batu Malang Berbasis Multimedia Interaktif,†Sistem Informasi. STIKOM Bali, 2018.
I. P. C. A. Putra, M. Rusli, and I. K. P. Suniantara, “APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF PENGENALAN OLAHRAGA AEROMODELLING,†in SENSITIf: Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, 2019, pp. 957–964.
Munir, Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2012.
Y. Arifin, M. Y. Ricky, and V. Yesmaya, Digital Multimedia, Cetakan I. Jakarta: Bina Nusantara, 2015.
D. Priyanto, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer,†J. Pemikir. Altern. Kependidikan, vol. 14, no. 1, pp. 92–110, 2009.
Siti Nurajizah, “Implementasi Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Lagu Anak-Anak Berbasis Multimedia,†J. PROSISKO, vol. 3, no. 2, pp. 14–19.
H. Khaeri, “Aplikasi Media Interaktif Panduan Mendaki Gunung,†STMIK STIKOM Bali, 2018.
Arch C. Luther, Authoring interactive multimedia. Boston: AP Professional, 1994.
J. Sukmana, “Metode 2D Hybrid Animation Dalam Pembuatan Film Animasi Di Macromedia Flash MX,†J. Pseudocode, vol. V, no. 1, pp. 29-36.