Main Article Content

I Kadek Wahyu Adi Gunawan
Pande Putu Gede Putra Pertama
I Ketut Putu Suniantara

Abstract

Pura Lingga Bhuwana adalah pura Kahyangan yang berlokasi di Pusat Pemerintahan Kabupaten Badung. Pura ini dibangun bagi masyarakat Badung untuk meningkatkan srada bhakti-nya kepada Ida Sang Hyang Widhi Wasa. Bagi masyarakat Bali khususnya masyarakat Badung belum mengetahui lokasi pura dan bagaimana arsitektur bangunan dan sejarah asal mula tentang berdirinya pura ini. Kurangnya informasi mengenai Pura Lingga Bhuwana membuat masyarakat khususnya masyarakat di Bali belum mengetahui tentang informasi mengenai Pura tersebut. Maka dari itu diperlukan sebuah media pengenalan dan dokumentasi keberadaan Pura Lingga Bhuwana berupa video 2D Hybrid Animation. Video ini dijalankan di aplikasi Android dan dilengkapi dengan berbagai informasi mengenai Pura Lingga Bhuwana. Hasil akhir dari penelitian ini berupa Aplikasi Pengenalan Pura Lingga Bhuwana dengan menggunakan animasi 2 Dimensi yang berperan sebagai karakter yang mengenalkan Pura Lingga Bhuwana dengan latar video nyata. Berdasarkan hasil pengujian yang dilakukan dengan menggunakan metode Black Box Testing didapatkan hasil semua fungsi dapat berjalan sesuai rancangan. Hasil pengujian terhadap kategori video pengenalan pura dengan metode 2D Hybrid Animation dinyatakan sangat baik dengan persentase sebesar 88%.

Article Details

How to Cite
I Kadek Wahyu Adi Gunawan, Pande Putu Gede Putra Pertama, & Suniantara, I. K. P. (2020). Multimedia Interaktif Pengenalan Pura Lingga Bhuwana dengan Metode 2D Hybrid Animation. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 15(1), 54-64. https://doi.org/10.30864/jsi.v15i1.327
Section
Articles

References

J. Santoso and Edwar, “Rancang Bangun Pembelajaran Pengenalan Pura Berbasis Mobile Multimedia,” Eksplora Inform., vol. 5, no. 2, pp. 148–151, 2016.
I Nengah Sukada, Purana Pura Lingga Bhuwana. 2015.
D. A. Agustinah, “Aplikasi Pengenalan Tempat Wisata Coban Di Batu Malang Berbasis Multimedia Interaktif,” Sistem Informasi. STIKOM Bali, 2018.
I. P. C. A. Putra, M. Rusli, and I. K. P. Suniantara, “APLIKASI MULTIMEDIA INTERAKTIF PENGENALAN OLAHRAGA AEROMODELLING,” in SENSITIf: Seminar Nasional Sistem Informasi dan Teknologi Informasi, 2019, pp. 957–964.
Munir, Multimedia Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan. Bandung: Penerbit Alfabeta, 2012.
Y. Arifin, M. Y. Ricky, and V. Yesmaya, Digital Multimedia, Cetakan I. Jakarta: Bina Nusantara, 2015.
D. Priyanto, “Pengembangan Multimedia Pembelajaran Berbasis Komputer,” J. Pemikir. Altern. Kependidikan, vol. 14, no. 1, pp. 92–110, 2009.
Siti Nurajizah, “Implementasi Multimedia Development Life Cycle Pada Aplikasi Pengenalan Lagu Anak-Anak Berbasis Multimedia,” J. PROSISKO, vol. 3, no. 2, pp. 14–19.
H. Khaeri, “Aplikasi Media Interaktif Panduan Mendaki Gunung,” STMIK STIKOM Bali, 2018.
Arch C. Luther, Authoring interactive multimedia. Boston: AP Professional, 1994.
J. Sukmana, “Metode 2D Hybrid Animation Dalam Pembuatan Film Animasi Di Macromedia Flash MX,” J. Pseudocode, vol. V, no. 1, pp. 29-36.
Indexed and Journal List Title by: