Main Article Content

I Made Arya Budhi Saputra

Abstract

Salah satu sumber daya alam yang dimiliki Indonesia adalah produk hasil hutan bukan kayu yang di mana saat ini menjadi salah satu prioritas pengembangan dari Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan. Komoditas yang menjadi unggulan dari produk hasil bukan kayu adalah madu. Walaupun mudah dalam pemeliharaan, namun jumlah produksi dari madu Trigona di daerah Kerandangan belum cukup optimal hal tersebut dikarenakan para kelompok tani saat ini masih mengalami kebingungan dalam menentukan lokasi stup (rumah lebah). Sering kali para petani salah dalam menentukan lokasi stup, yang menyebabkan lebah tidak dapat menghasilkan madu secara maksimal. Penggunaan metode Rank Order Centroid (ROC) pada penelitian ini untuk membantu kelompok tani dalam pemberian bobot kriteria berdasarkan tingkat kepentingannya. Selanjutnya bobot tersebut digunakan dalam perhitungan Simple Additive Weighting (SAW). Di mana penggunaan metode ini dirasa cukup mudah untuk dipahami para kelompok tani. Konsep dasar metode ini adalah mencari penjumlahan terbobot dari rating kinerja pada setiap alternatif di semua atribut. Hal ini dapat membantu kelompok tani dalam menentukan lokasi stup.

Article Details

How to Cite
I Made Arya Budhi Saputra. (2020). Penentuan Lokasi Stup Menggunakan Pembobotan Rank Order Centroid (ROC) dan Simple Additive Weighting (SAW). Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 15(1), 48-53. https://doi.org/10.30864/jsi.v15i1.340
Section
Articles

References

B. P. Kehutanan aek nauli, Panduan Manual Budidaya Lebah Madu. 2014.
Balitbangtek, Panduan Singkat Budidaya Breeding Lebah Trigona sp., no. 7. 2018.
Frieyadie, “PENERAPAN METODE SIMPLE ADDITIVE WEIGHT (SAW) DALAM SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PROMOSI KENAIKAN JABATAN,” J. pilar nusa mandiri, vol. XII, no. 1, pp. 37–45, 2016.
L. Kristiyanti and A. Sugiharto, “SISTEM PENDUKUNG KEPUTUSAN PEMILIHAN PENGAJAR LES PRIVAT UNTUK SISWA LEMBAGA BIMBINGAN BELAJAR DENGAN METODE AHP,” J. Masayrakat Inform., vol. 4, no. 7, pp. 39–47, 2007.
R. Tullah, A. R. Mariana, and D. Baskoro, “Sistem Pendukung Keputusan Pemilihan Calon Penerima Beasiswa Bidikmisi Menggunakan Metode AHP dan TOPSIS Pada STMIK Bina Sarana Global,” J. Sisfotek Glob., vol. 8, no. 2, 2018.
N. Astiani, D. Andreswari, and Y. Setiawan, “Aplikasi Sistem Pendukung Keputusan Tanaman Obat Herbal Untuk Berbagai Penyakit Dengan Metode Roc (Rank Order Centroid) Dan Metode Oreste Berbasis Mobile Web,” J. Inform., vol. 12, no. 2, 2016, doi: 10.21460/inf.2016.122.486.
E. Ramadhan, H. C. H. Siregar, and K. Kuntadi, “Modifikasi Ventilasi pada Tutup Stup Koloni Lebah Madu (Apis Mellifera) Terhadap Produksi Propolis,” J. Ilmu Produksi dan Teknol. Has. Peternak., vol. 4, no. 1, pp. 212–217, 2016, doi: 10.29244/jipthp.4.1.212-217.
Indexed and Journal List Title by: