Main Article Content

I Made Darma Susila Darma
Yohanes Priyo Atmojo
Erma Sulistyo Rini
Ida Bagus Suradarma

Abstract

Pekerjaan konstruksi bangunan memiliki tingkat resiko yang tinggi. Salah satu cara mengontrol resiko dari pekerjaan kontruksi adalah dilakukannya proses pengawasan. Permasalahan muncul pada saat pengawasan yang tidak optimal, seperti: inkonsisten jadwal pengawasan, keterlambatan pelaporan pekerjaan dan pengawasan suplai material. Permasalahan pengawasan yang tidak optimal cenderung disebabkan oleh jarak antar pekerjaan kontruksi yang jauh, mengingat seorang pengawas lapangan dapat melakukan pengawasan di beberapa lokasi pekerjaan kontruksi. Seiring dengan kemajuan ilmu teknologi informasi khususnya di bidang Teknologi mobile, aplikasi pemantauan atau pengawasan menjadi solusi untuk pelaporan yang bersifat cepat, praktis, informatif dan terdokumentasi untuk pengawasan pekerjaan kontruksi. Dalam penelitian ini, dibuat aplikasi mobile untuk pelaporan kemajuan proyek jasa kontruksi yang dapat dilihat secara langsung oleh perusahaan kontruksi berbasis android dan web. Aplikasi dilengkapi dengan layanan webservice yang berfungsi untuk menghubungkan antara data antara kedua buah aplikasi, yaitu web dan android. Aplikasi mobile yang diimplementasikan memiliki fitur untuk melakukan pengiriman hasil kemajuan dalam format teks, gambar dan video. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa aplikasi berbasis web dan mobile yang dibuat dapat digunakan untuk membantu pengawasan pekerjaan kontruksi dan melakukan monitoring perkembangan proyek.

Article Details

How to Cite
Darma, I. M. D. S., Yohanes Priyo Atmojo, Erma Sulistyo Rini, & Ida Bagus Suradarma. (2021). Implementasi Teknologi Mobile untuk Pelaporan Kemajuan Kerja Proyek Jasa Konstruksi. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 15(2), 122-133. https://doi.org/10.30864/jsi.v15i2.349
Section
Articles

References

[1] M. T. Mulyo I.S.S., Bisnis Konstruksi Dihadang Banyak Persoalan. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2013.
[2] A. Higham, C. Bridge, and P. Farrell, Project Finance for Construction. New York: CRC Press, 2016.
[3] B. D. S. G. Anandhita, Unika Dalam Wacana Publik 2017-2018: Transformasi Inspiratif. Semarang: SCU Knowledge Media.
[4] O. H. M. Thovids, Presentation Mastery, Mengupas Rahasia Presentasi yang Memukau. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama, 2017.
[5] Z. R. Mair, Teori Dan Praktek Sistem Operasi. Yogyakarta: Deepublish, 2018.
[6] M. S. E. M. A. S. K. Alfa Satyaputra, Let`s Build Your Android Apps with Android Studio. Jakarta: Elex Media Komputindo, 2016.
[7] H. Paik, A. L. Lemos, M. C. Barukh, B. Benatallah, and A. Natarajan, Web Service Implementation and Composition Techniques. Sydney: Springer International Publishing, 2017.
[8] R. T. Tanbiroh, N. M. Putri, and D. M. Sofyan, “Aplikasi Sistem Informasi Monitoring Capaian Kinerja Berbasis Android Pada,” Semin. Nas. Teknol. Inf. dan Multimed. 2016, pp. 1.4-31–37, 2016.
[9] M. MUDJAHIDIN and N. DITA PAHANG PUTRA, “Rancang Bangun Sistem Informasi Monitoring Perkembangan Proyek Berbasis Web,” J. Tek. Ind., vol. 11, no. 1, p. 75, 2012.
[10] N. P. Pramesti, “SISTEM INFORMASI MONITORING KEMAJUAN PEKERJAAN PROYEK PEMBANGUNAN SABO DAMGUNUNGMERAPI (054K),” vol. 7, no. KoNTekS 7, pp. 24–26, 2013.
[11] T. Munfarida and A. Yuli, “Implementasi Daily Activity Monitoring System ( DAMS ) Pada CV. Jogja Media Telematika,” J. Mantik Penusa, vol. 21, no. 1, pp. 14–20, 2017.
[12] F.N.Khasanah and S.Murdowo , “Pengujian Beta Pada Aplikasi Game Edukasi Pengenalan Dasar Islam melalui Kuesioner” vol . 15, INFOKAM. 2019.
Indexed and Journal List Title by: