Analisis Pengaruh Profil Toko Resmi Smartphone pada Situs E-Commerce terhadap Tingkat Penjualan
Main Article Content
Abstract
Pertumbuhan internet ekonomi di Indonesia telah meningkat 4 kali lipat sejak 2015 dengan tingkat pertumbuhan rata-rata 49% per tahun. E-commerce merupakan salah satu sektor internet ekonomi di Indonesia yang unggul, terutama dengan adanya salah satu startup unicorn Tokopedia. Selain menjadi startup unicorn di Indonesia, Tokopedia merupakan salah satu e-commerce yang masuk peringkat 10 besar situs e-commerce yang sering dikunjungi per kuarter kedua tahun 2020 bersama dengan Shopee. Sebuah merek sering kali membuka toko di situs e-commerce yang berbeda, hal tersebut untuk memperoleh dan mempertahankan lebih banyak konsumen. Adanya persaingan antara merek smartphone maupun situs e-commerce yang digunakan dapat menjadi masalah karena dapat mempengaruhi tingkat penjualan produknya. Pada penelitian ini, akan dilakukan analisis profil toko, yaitu jumlah pengikut, total penjualan, rating toko, dan persentase repons chat terhadap lima merek smartphone di dua e-commerce berbeda dengan metode kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua kategori dari profil toko yang berpengaruh terhadap tingkat penjualan produk, yaitu rating toko, dan jumlah followers.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) bersifat open access, yaitu dapat diakses secara umum tanpa dikenakan biaya. Penulis yang menerbitkan artikelnya di JSI setuju dengan ketentuan berikut:- JSI menggunakan perjanjian lisensi ekslusif, yaitu penulis memegang hak cipta atas artikel dan memberikan hak publikasi kepada Jurnal Sistem dan Informatika (JSI).
- JSI mempunyai hak ekslusif untuk mempublikasi dan mendistribusikan artikel secara sebagian atau keseluruhan, dan memberikan hak kepada orang lain sesuai dengan lisensi yang digunakan.
- JSI berhak untuk menyediakan artikel dalam berbagai bentuk dan media, sehingga artikel dapat digunakan untuk teknologi terbaru bahkan setelah dipublikasikan.
- JSI berhak untuk menegakkan hak-hak atas nama penulis pada artikel terhadap pihak ketiga. Misalnya dalam kasus plagiarisme atau pelanggaran hak cipta.
- Artikel harus dirujuk, link terhadap lisensi harus disediakan, dan jika terdapat bagian artikel yang diubah harus ditandai.
- Jika artikel disadur sehingga terdapat perubahan, hasil saduran harus didistribusikan menggunakan lisensi yang sama.
- Tidak diperkenankan untuk membatasi orang lain terhadap apa yang diperbolehkan oleh lisensi.
References
Statista, “Top 10 e-commerce sites in Indonesia as of 2nd quarter 2020, by monthly traffic,†Statista Research Department, 2020. [Online]. Available: https://www.statista.com/statistics/869700/indonesia-top-10-e-commerce-sites/. [Accessed: 21-Oct-2020].
Badan Pusat Statistik, Statistik E-Commerce 2019. Badan Pusat Statistik, 2019.
J. Jauhari, “Upaya pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) dengan memanfaatkan e-commerce,†J. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 1–12, 2010.
R. Rahmidani, “Penggunaan E-Commerce Dalam Bisnis Sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Perusahaan,†J. SNEMA-Padang-Indonesia, no. c, pp. 345–352, 2015.
P. Artaya and T. Purworusmiardi, “Efektifitas Marketplace Dalam Meningkatkan Konsentrasi,†no. April, 2019, doi: 10.13140/RG.2.2.10157.95206.
G. Kim and H. Koo, “The causal relationship between risk and trust in the online marketplace: A bidirectional perspective,†Comput. Human Behav., vol. 55, pp. 1020–1029, Feb. 2016, doi: 10.1016/j.chb.2015.11.005.
R. Wibowo, “Kesuksesan E-commerce (OnlineShopping) Melalui Trust Dan Customer Loyalty,†Ekon. Bisnis, vol. 20, no. 1, pp. 8–15, 2015.
A. Syamsudin, “Pengembangan Instrumen Evaluasi Non Tes (Informal) untuk Menjaring Data Kualitatif Perkembangan Anak Usia Dini,†J. Pendidik. Anak, vol. 3, no. 1, 2015, doi: 10.21831/jpa.v3i1.2882.
J. A. Nadine, I. Jauhar, A. Rahmarani, and N. A. Rakhmawati, “Dataset Profil Toko,†Zenodo, 2020. [Online]. Available: https://zenodo.org/record/4164980#.X6U7dGgzbSE.