Main Article Content

Jessica Aurelia Nadine
Ikhwan Jauhar
Alifa Rizki Rahmarani
Nur Aini Rakhmawati

Abstract

Pertumbuhan internet ekonomi di Indonesia telah meningkat 4 kali lipat sejak 2015 dengan tingkat pertumbuhan rata-rata 49% per tahun. E-commerce merupakan salah satu sektor internet ekonomi di Indonesia yang unggul, terutama dengan adanya salah satu startup unicorn Tokopedia. Selain menjadi startup unicorn di Indonesia, Tokopedia merupakan salah satu e-commerce yang masuk peringkat 10 besar situs e-commerce yang sering dikunjungi per kuarter kedua tahun 2020 bersama dengan Shopee. Sebuah merek sering kali membuka toko di situs e-commerce yang berbeda, hal tersebut untuk memperoleh dan mempertahankan lebih banyak konsumen. Adanya persaingan antara merek smartphone maupun situs e-commerce yang digunakan dapat menjadi masalah karena dapat mempengaruhi tingkat penjualan produknya. Pada penelitian ini, akan dilakukan analisis profil toko, yaitu jumlah pengikut, total penjualan, rating toko, dan persentase repons chat terhadap lima merek smartphone di dua e-commerce berbeda dengan metode kualitatif. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa terdapat dua kategori dari profil toko yang berpengaruh terhadap tingkat penjualan produk, yaitu rating toko, dan jumlah followers.

Article Details

How to Cite
Nadine, J. A., Jauhar, I., Rahmarani, A. R., & Rakhmawati, N. A. (2020). Analisis Pengaruh Profil Toko Resmi Smartphone pada Situs E-Commerce terhadap Tingkat Penjualan. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 15(1), 81-87. https://doi.org/10.30864/jsi.v15i1.358
Section
Articles

References

Google; Temasek; Bain&Company, “e-Conomy SEA 2019 : Swipe up and to the right : Southeast Asia’s $100 billion internet economy,” 2019.
Statista, “Top 10 e-commerce sites in Indonesia as of 2nd quarter 2020, by monthly traffic,” Statista Research Department, 2020. [Online]. Available: https://www.statista.com/statistics/869700/indonesia-top-10-e-commerce-sites/. [Accessed: 21-Oct-2020].
Badan Pusat Statistik, Statistik E-Commerce 2019. Badan Pusat Statistik, 2019.
J. Jauhari, “Upaya pengembangan usaha kecil dan menengah (UKM) dengan memanfaatkan e-commerce,” J. Sist. Inf., vol. 2, no. 1, pp. 1–12, 2010.
R. Rahmidani, “Penggunaan E-Commerce Dalam Bisnis Sebagai Sumber Keunggulan Bersaing Perusahaan,” J. SNEMA-Padang-Indonesia, no. c, pp. 345–352, 2015.
P. Artaya and T. Purworusmiardi, “Efektifitas Marketplace Dalam Meningkatkan Konsentrasi,” no. April, 2019, doi: 10.13140/RG.2.2.10157.95206.
G. Kim and H. Koo, “The causal relationship between risk and trust in the online marketplace: A bidirectional perspective,” Comput. Human Behav., vol. 55, pp. 1020–1029, Feb. 2016, doi: 10.1016/j.chb.2015.11.005.
R. Wibowo, “Kesuksesan E-commerce (OnlineShopping) Melalui Trust Dan Customer Loyalty,” Ekon. Bisnis, vol. 20, no. 1, pp. 8–15, 2015.
A. Syamsudin, “Pengembangan Instrumen Evaluasi Non Tes (Informal) untuk Menjaring Data Kualitatif Perkembangan Anak Usia Dini,” J. Pendidik. Anak, vol. 3, no. 1, 2015, doi: 10.21831/jpa.v3i1.2882.
J. A. Nadine, I. Jauhar, A. Rahmarani, and N. A. Rakhmawati, “Dataset Profil Toko,” Zenodo, 2020. [Online]. Available: https://zenodo.org/record/4164980#.X6U7dGgzbSE.
Indexed and Journal List Title by: