Main Article Content

Rafli Irfan Haikal
Dedy Panji Agustino
I Made Pasek Pradnyana Wijaya

Abstract

Cara berpikir dan pendapat manusia jika menggunakan suatu sistem tentu saja berbeda-beda antara satu sama lain itulah yang dinamakan User Experience. Di dalam penelitian ini, penulis akan melakukan evaluasi User Experience pada sebuah game yang cukup terkenal di akhir tahun 2020 yaitu Genshin Impact. Hal ini dilakukan untuk membuktikan bahwa User Experience bisa di evaluasi menggunakan metode Cognitive Walkthrough. Metode ini digunakan untuk menguji cara berpikir manusia saat mereka diberikan suatu tugas atau Task. Metode tes kepenggunaan ini sangat cocok digunakan untuk sistem yang baru dirilis. Responden yang digunakan pada penelitian ini dibagi menjadi 2 kelompok, 6 responden bermain menggunakan platform PC dan 6 responden bermain menggunakan PC. Hasil evaluasi pada Genshin Impact menunjukkan masalah banyak terjadi karena kurangnya indikasi tampilan yang mencerminkan suatu fungsi (hidden) ketika pengguna ingin menggunakan sebuah item, mengganti senjata, dan bermain dalam Co-op mode. Akan tetapi, masalah yang muncul tidak mempengaruhi fungsi utama dalam game, dan game masih bisa berjalan. Agar lebih mudah dilihat dan dipahami, data-data responden dimasukkan kedalam sebuah model biodata atau kartu imajiner digital mini yang biasa disebut Persona.

Article Details

How to Cite
Rafli Irfan Haikal, Dedy Panji Agustino, & I Made Pasek Pradnyana Wijaya. (2021). Evaluasi User Experience pada Game Genshin Impact menggunakan Metode Cognitive Walkthrough dan Persona. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 16(1), 17-25. https://doi.org/10.30864/jsi.v16i1.385
Section
Articles

References

[1] A. Kurniawan, R. I. Rokhmawati, and A. Rachmadi, “Evaluasi User Experience dengan Metode Heuristic Evaluation dan Persona (Studi pada : Situs Web Dalang Ki Purbo Asmoro),” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 8, pp. 2918–2926, 2018, [Online]. Available: http://j-ptiik.ub.ac.id.
[2] Google, “Best Game of 2020 Google Play Store Awards.” https://play.google.com/store/apps/topic?id=campaign_editorial_bestof2020_bestgame&hl=en&gl=US.
[3] Apple, “Apple presents App Store Best of 2020 winners.” https://www.apple.com/newsroom/2020/12/apple-presents-app-store-best-of-2020-winners/#:~:text=iPhone Game of the Year,Genshin Impact%2C” from miHoYo.
[4] T. Mahatody, M. Sagar, and C. Kolski, “State of the art on the cognitive walkthrough method, its variants and evolutions,” Int. J. Hum. Comput. Interact., vol. 26, no. 8, pp. 741–785, 2010, doi: 10.1080/10447311003781409.
[5] P. Raharjo, W. A. Kusuma, and H. Sukoco, “Uji Usability Dengan Metode Cognitive Walkthrough Pada Situs Web Perpustakaan,” vol. 15, no. 1, pp. 19–27, 2016.
[6] M. P. Sholikhin, E. Muh, A. Jonemaro, and M. A. Akbar, “Evaluasi User Experience pada Game Left 4 Dead 2 Menggunakan Cognitive Walkthrough,” J. Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 2, no. 7, pp. 2619–2625, 2018.
[7] R. A. Akbar, H. M. Az-zahra, and K. C. Brata, “Evaluasi User Experience Pada Game PUBG MOBILE Menggunakan Metode Cognitive Walkthrough,” Pengemb. Teknol. Inf. dan Ilmu Komput., vol. 3, no. 2, pp. 1–9, 2019.
[8] Malabay, “Pemanfaatan Flowchart Untuk Kebutuhan Deskripsi Proses Bisnis,” J. Ilmu Komput., vol. 12, no. 1, pp. 21–26, 2016.
Indexed and Journal List Title by: