Pengembangan Media Pembelajaran menggunakan Augmented Reality dan Voice Recognition Benda Rumah dengan Bahasa Inggris
Main Article Content
Abstract
Halangan umum yang sering ditemui dalam pembelajaran bahasa Inggris pada tingkat sekolah dasar yaitu pembelajaran hanya berupa penjelasan atau gambaran secara lisan, sehingga anak tingkat sekolah dasar hanya bisa membuat gambaran mengenai penjelasan tersebut tanpa melihat secara langsung bentuk atau kejadian yang dijelaskan, Anak tingkat sekolah dasar mudah bosan dengan kegiatan pembelajaran setelah 15 menit, karena anak tingkat sekolah dasar memiliki rentang perhatian yang lebih pendek (Short Attention Span). Dengan menggunakan media pembelajaran yang menerapkan teknologi Augmented Reality yang dapat menampilkan benda maya yang dibuat semirip mungkin dengan aslinya ke dalam dunia nyata dan juga menggunakan teknologi Voice Recognition yang digunakan untuk mendeteksi suara objek dalam bahasa Inggris dengan menggunakan platform wit.ai sebagai Natural Language Processing yang mampu mengubah kalimat menjadi data terstruktur dapat membuat media pembelajaran yang dapat berinteraksi secara langsung dengan objek virtual 3D. Hasil pengujian User Aceptance Test didapatkan hasil dengan rata-rata interpretasi sebesar 95,77% dan 93.26% pada skala likert dengan hasil pengujian pada 13 responden berumur 6-9 tahun yang sudah mencoba aplikasi dan 14 responden sebagai pengamat saat 13 responden berumur 6-9 tahun mencoba aplikasi. Hal ini menunjukkan bahwa aplikasi dapat diterima dan digunakan sebagai alat bantu dalam media pembelajaran.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) bersifat open access, yaitu dapat diakses secara umum tanpa dikenakan biaya. Penulis yang menerbitkan artikelnya di JSI setuju dengan ketentuan berikut:- JSI menggunakan perjanjian lisensi ekslusif, yaitu penulis memegang hak cipta atas artikel dan memberikan hak publikasi kepada Jurnal Sistem dan Informatika (JSI).
- JSI mempunyai hak ekslusif untuk mempublikasi dan mendistribusikan artikel secara sebagian atau keseluruhan, dan memberikan hak kepada orang lain sesuai dengan lisensi yang digunakan.
- JSI berhak untuk menyediakan artikel dalam berbagai bentuk dan media, sehingga artikel dapat digunakan untuk teknologi terbaru bahkan setelah dipublikasikan.
- JSI berhak untuk menegakkan hak-hak atas nama penulis pada artikel terhadap pihak ketiga. Misalnya dalam kasus plagiarisme atau pelanggaran hak cipta.
- Artikel harus dirujuk, link terhadap lisensi harus disediakan, dan jika terdapat bagian artikel yang diubah harus ditandai.
- Jika artikel disadur sehingga terdapat perubahan, hasil saduran harus didistribusikan menggunakan lisensi yang sama.
- Tidak diperkenankan untuk membatasi orang lain terhadap apa yang diperbolehkan oleh lisensi.
References
[2] B. Musthafa, “Teaching English to Young Learners in Indonesia : Essential Requirements,†Educationist, vol. IV, no. 2, pp. 120–125, 2010.
[3] M. B. Franciska, M. B. Setyawan, and I. A. Zulkarnain, “Rancang Bangun Media Pembelajaran Bahasa Inggris Berbasis Android Menggunakan Teknologi Augmented Reality Untuk Sekolah Dasar (Studi Kasus Mi Ma’Arif Patihan Kidul),†Komputek, vol. 2, no. 2, p. 48, 2018, doi: 10.24269/jkt.v2i2.140.
[4] D. Megista Putri and R. Rasmita, “Upaya Meningkatkan Minat Belajar Bahasa Inggris Siswa Sekolah Dasar (Sd) Negeri 13 Padang Menggunakan Metode ‘Total Physical Response,’†J. Kepemimp. dan Pengur. Sekol., vol. 4, no. 1, pp. 11–18, 2019, doi: 10.34125/kp.v4i1.361.
[5] M. Faqih and A. Kusumaningsih, “PENERAPAN AUGMENTED REALITY PADA SERIOUS GAME EDUKASI PENYAKIT GIGI,†vol. 9, no. 2, pp. 1033–1042, 2018.
[6] N. C. Hashim, N. A. A. Majid, H. Arshad, and W. K. Obeidy, “User Satisfaction for an Augmented Reality Application to Support Productive Vocabulary Using Speech Recognition,†Adv. Multimed., vol. 2018, 2018, doi: 10.1155/2018/9753979.
[7] S. Wijaya and A. Wicaksana, “JACOB voice chatbot application using wit.Ai for providing information in UMN,†Int. J. Eng. Adv. Technol., vol. 8, no. 6 Special Issue 3, pp. 105–109, 2019, doi: 10.35940/ijeat.F1017.0986S319.