Main Article Content

Yuliyanti
Nurahman

Abstract

Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat seperti sekarang ini, keunggulan teknologi informasi telah menjadi keperluan berbagai segi kebutuhan baik individu maupun instansi khususnya dibidang pendidikan. Salah satu lembaga pendidikan yang mempunyai misi meningkatkan pelayanan adalah Madrasah Al-Falah Bumi Agung. Namun Madrasah Al-Falah Bumi Agung masih terkendala dalam memberikan formasi terhadap masyarakat seperti penerimaan peserta didik baru masih mengunakan spanduk yang terpasang di Madrasah tersebut. Sehingga memerlukan biaya untuk mencetak spanduk dan masyarakat harus datang ke Madrasah untuk mengetahui informasi, serta jumlah peserta didik baru yang mendaftar cenderung sedikit setiap tahunnya. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan sebuah sistem yaitu menerapkan metode E-CRM dengan modul marketing dan customer service dan untuk pengembangan sistem menggunakan metode SDLC model Waterfall. Dalam membangun aplikasi ini, PHP digunakan sebagai media pemrograman dan MySQL digunakan sebagai manajemen basis data serta metode pengujian menggunakan blackbox testing. Dengan dibuatnya sistem ini dapat menangani permasalahan pada Madrasah Al-Falah Bumi Agung, memberikan pelayanan tentang informasi, serta penyebaran informasi mengenai promosi sekolah dapat tersebar luas.

Article Details

How to Cite
Yuliyanti, & Nurahman. (2022). Penerapan E-CRM untuk Media Promosi Online dengan metode SDLC pada Madrasah Al-Falah Bumi Agung. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 16(2), 77-88. https://doi.org/10.30864/jsi.v16i2.420
Section
Articles

References

[1] Y. Firmansyah and Udi, “Penerapan Metode SDLC Waterfall Dalam Pembuatan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Studi Kasus Pondok Pesantren Al-Habi Sholeh Kabupaten Kubu Raya, Kalimantan Barat,” J. Teknol. Manaj. Inform., vol. 4, no. 1, pp. 184–191, 2018.

[2] D. Herlyanto, “SISTEM ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DENGAN METODE ITEM BASED COLLABORATIVE FILTERING PADA TOKO RETAIL DI YOGYAKARTA,” Universitas Islam Indonesia, 2020.

[3] J. Abdurrahman, D. Hamdani, and P. Novantara, “Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Pada Penerimaan Siswa Baru (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darussalam Kabupaten Garut),” J. NUANSA Inform., vol. 12, no. 1, pp. 29–36, 2018.

[4] I. Lutfina, “Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi Dalam Pembelajaran Fikih Di MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung,” IAIN Tulungagung, 2018.

[5] “Apakah sistem informasi itu?,” School of Information Systems. Accessed: Aug. 25, 2020. [Online]. Available: https://sis.binus.ac.id/2017/09/12/apakah-sistem-informasi-itu-2/.

[6] Ermatita, “ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN,” vol. 8, 2016.

[7] R. Hadi, “Perancangan Aplikasi Penanganan Mahasiswa Bermasalah pada Program Studi Sistem Informasi STIKOM Bali,” J. Sist. DAN Inform., vol. 11, no. 1, pp. 1–10, 2016.

[8] C. Kesuma and L. Rahmawati, “Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada SMK Purnama 2 Banyumas,” vol. 7, pp. 1–9, 2017.

[9] MADCOMS, Pemrograman PHP dan MySQL Untuk Pemula. Yogyakarta: Andi, 2016.
Indexed and Journal List Title by: