Penerapan E-CRM untuk Media Promosi Online dengan metode SDLC pada Madrasah Al-Falah Bumi Agung
Main Article Content
Abstract
Perkembangan teknologi informasi yang semakin pesat seperti sekarang ini, keunggulan teknologi informasi telah menjadi keperluan berbagai segi kebutuhan baik individu maupun instansi khususnya dibidang pendidikan. Salah satu lembaga pendidikan yang mempunyai misi meningkatkan pelayanan adalah Madrasah Al-Falah Bumi Agung. Namun Madrasah Al-Falah Bumi Agung masih terkendala dalam memberikan formasi terhadap masyarakat seperti penerimaan peserta didik baru masih mengunakan spanduk yang terpasang di Madrasah tersebut. Sehingga memerlukan biaya untuk mencetak spanduk dan masyarakat harus datang ke Madrasah untuk mengetahui informasi, serta jumlah peserta didik baru yang mendaftar cenderung sedikit setiap tahunnya. Untuk mengatasi masalah tersebut, diperlukan sebuah sistem yaitu menerapkan metode E-CRM dengan modul marketing dan customer service dan untuk pengembangan sistem menggunakan metode SDLC model Waterfall. Dalam membangun aplikasi ini, PHP digunakan sebagai media pemrograman dan MySQL digunakan sebagai manajemen basis data serta metode pengujian menggunakan blackbox testing. Dengan dibuatnya sistem ini dapat menangani permasalahan pada Madrasah Al-Falah Bumi Agung, memberikan pelayanan tentang informasi, serta penyebaran informasi mengenai promosi sekolah dapat tersebar luas.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) bersifat open access, yaitu dapat diakses secara umum tanpa dikenakan biaya. Penulis yang menerbitkan artikelnya di JSI setuju dengan ketentuan berikut:- JSI menggunakan perjanjian lisensi ekslusif, yaitu penulis memegang hak cipta atas artikel dan memberikan hak publikasi kepada Jurnal Sistem dan Informatika (JSI).
- JSI mempunyai hak ekslusif untuk mempublikasi dan mendistribusikan artikel secara sebagian atau keseluruhan, dan memberikan hak kepada orang lain sesuai dengan lisensi yang digunakan.
- JSI berhak untuk menyediakan artikel dalam berbagai bentuk dan media, sehingga artikel dapat digunakan untuk teknologi terbaru bahkan setelah dipublikasikan.
- JSI berhak untuk menegakkan hak-hak atas nama penulis pada artikel terhadap pihak ketiga. Misalnya dalam kasus plagiarisme atau pelanggaran hak cipta.
- Artikel harus dirujuk, link terhadap lisensi harus disediakan, dan jika terdapat bagian artikel yang diubah harus ditandai.
- Jika artikel disadur sehingga terdapat perubahan, hasil saduran harus didistribusikan menggunakan lisensi yang sama.
- Tidak diperkenankan untuk membatasi orang lain terhadap apa yang diperbolehkan oleh lisensi.
References
[2] D. Herlyanto, “SISTEM ELECTRONIC CUSTOMER RELATIONSHIP MANAGEMENT DENGAN METODE ITEM BASED COLLABORATIVE FILTERING PADA TOKO RETAIL DI YOGYAKARTA,” Universitas Islam Indonesia, 2020.
[3] J. Abdurrahman, D. Hamdani, and P. Novantara, “Implementasi Customer Relationship Management (CRM) Pada Penerimaan Siswa Baru (Studi Kasus di Pondok Pesantren Darussalam Kabupaten Garut),” J. NUANSA Inform., vol. 12, no. 1, pp. 29–36, 2018.
[4] I. Lutfina, “Pemanfaatan Teknologi Informasi Komunikasi Dalam Pembelajaran Fikih Di MTsN Tunggangri Kalidawir Tulungagung,” IAIN Tulungagung, 2018.
[5] “Apakah sistem informasi itu?,” School of Information Systems. Accessed: Aug. 25, 2020. [Online]. Available: https://sis.binus.ac.id/2017/09/12/apakah-sistem-informasi-itu-2/.
[6] Ermatita, “ANALISIS DAN PERANCANGAN SISTEM INFORMASI PERPUSTAKAAN,” vol. 8, 2016.
[7] R. Hadi, “Perancangan Aplikasi Penanganan Mahasiswa Bermasalah pada Program Studi Sistem Informasi STIKOM Bali,” J. Sist. DAN Inform., vol. 11, no. 1, pp. 1–10, 2016.
[8] C. Kesuma and L. Rahmawati, “Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada SMK Purnama 2 Banyumas,” vol. 7, pp. 1–9, 2017.
[9] MADCOMS, Pemrograman PHP dan MySQL Untuk Pemula. Yogyakarta: Andi, 2016.