Main Article Content

Soetam Rizky Wicaksono
Vennina Githa Ananta

Abstract

Tampilan dalam sebuah situs daring tidak hanya menjadi antar muka pertama yang dilihat oleh pengguna, terutama dari segi kemudahan akses serta familiaritas dari interaksi dalam situs tersebut. Kemudahan tersebut menjadi relatif pada saat pengguna situs sebuah perusahaan berinteraksi, sehingga desainer serta pengembang situs harus menyerap aspirasi dari pengguna tanpa harus meninggalkan fungsionalitas, ehingga situs yang telah dalam tahapan daring dan dipublikasikan ke pihak pelanggan perlu menjalani evaluasi demi terciptanya kepuasan pelanggan. Evaluasi untuk keperluan tersebut dapat dilakukan dengan menggunakan usability testing  yang dapat menghasilkan saran dan pertimbangan agar situs dapat lebih fokus kepada pelanggan dan mampu berjalan secara efisien, efektif dan memuaskan dalam konteks penggunaannya. Hal tersebut juga menjadi perhatian bagi pengelola situs di PERUMDAM Among Tirto Kota Batu yang membutuhkan adanya evaluasi situs untuk pengembangan versi berikutnya. Evaluasi usability testing dilakukan dengan menggunakan metode FGD (Focus Group Discussion) sesuai dengan prinsip dari pelaksanaan teknik think aloud dalam usability testing. serta prinsip discounted usability testing. Responden diberikan delapan aspek pertanyaan yang didalamnya meliputi aspek usability Nielsen yaitu: learnability, efficiency, memorability, errors dan satisfaction. Berdasarkan hasil dari evaluasi usability testing yang telah dilakukan, maka didapatkan bahwa secara umum masih belum memenuhi unsur learnability yang baik, unsur memorability  juga wajib diperbaiki dengan menambahkan breadcrumb yang lebih jelas dan terlihat oleh pengguna. Hal lain yang mendapatkan nilai baik adalah unsur errors yang tidak terlihat dalam navigasi menu di dalam situs. Sedangkan dari unsur efficiency, masih kurang puas, dikarenakan banyaknya redundansi menu. Secara umum responden masih mengungkapkan unsur satisfaction namun wajib diredesain sesuai dengan saran yang telah mereka berikan.

Article Details

How to Cite
Soetam Rizky Wicaksono, & Vennina Githa Ananta. (2023). Usability Testing Situs Daring Sebagai Evaluasi User Experience (Studi Kasus Situs PERUMDAM Among Tirto). Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 17(1), 13-17. https://doi.org/10.30864/jsi.v17i1.452
Section
Articles

References

[1] D. Rigas and H. A. Hussain, “The role of brand loyalty and social media in e-commerce interfaces: Survey results and implications for user interfaces,” Lect. Notes Comput. Sci. (including Subser. Lect. Notes Artif. Intell. Lect. Notes Bioinformatics), vol. 9191, pp. 347–357, 2015, doi: 10.1007/978-3-319-20895-4_32.

[2] S. Krug, Don’t make me think, revisited: a common sense approach to Web usability, vol. 51, no. 11. New Riders, 2014.

[3] T. Lowdermilk, User-Centered Design: A Developer’s Guide to Building User-Friendly Applications, vol. 1. 2013.

[4] N. Bevan, J. Carter, J. Earthy, T. Geis, and S. Harker, “New ISO standards for usability, usability reports and usability measures,” Lect. Notes Comput. Sci. (including Subser. Lect. Notes Artif. Intell. Lect. Notes Bioinformatics), vol. 9731, no. July, pp. 268–278, 2016, doi: 10.1007/978-3-319-39510-4_25.

[5] J. S. Dumas and J. E. Fox, “Usability Testing,” Human–Computer Interact. Handb., pp. 1221–1241, 2020, doi: 10.1201/b11963-ch-53.

[6] C. Barnum, Usability Testing Essentials: ready, set...test! Elsevier, 2021.

[7] R. A. Krueger and M. A. Casey, Focus Groups A Practical Guide for Applied Research. Thousand Oak: SAGE, 2015.

[8] G. J. Galanes and K. (Katherine L. . Adams, Effective group discussion : theory and practice. 2013.

[9] J. NIELSEN, “Usability Testing,” in Usability Engineering, Elsevier, 1993, pp. 165–206.

[10] J. Emanuel, “Usability testing in libraries : methods , limitations , and implications,” OCLC Syst. Serv. Int. Digit. Libr. Perspect., vol. 29, no. 4, pp. 204–217, 2013, doi: 10.1108/OCLC-02-2013-0009.

[11] J. Rubin and D. Chisnell, Handbook of Usability Testing: How To Conduct Effective Test, 2nd Edition. Indianapolis: Wiley, 2008.

[12] S. Richardson et al., “‘Think aloud’ and ‘Near live’ usability testing of two complex clinical decision support tools,” Int. J. Med. Inform., vol. 106, no. November 2016, pp. 1–8, 2017, doi: 10.1016/j.ijmedinf.2017.06.003.

[13] B. Still and K. Crane, Fundamentals of User-Centered Design : a Practical Approach, vol. 262, no. 18. 2017.

[14] P. Perea and P. Giner, UX Design for Mobile. Birmingham: Packt Publishing, 2017.
Indexed and Journal List Title by: