Main Article Content

Ida Bagus Suradarma
Ni Luh Gede Pivin Suwirmayanti
Ida Bagus Ketut Surya Arnawa
Komang Budiarta

Abstract

Kalender merupakan sebuah periode waktu yang dipergunakan dalam sistem perhitungan hari atau tanggal. Kalender sering digunakan sebagai acuan oleh masyarakat Bali dalam melakukan berbagai aktivitas sehari-hari. Saat ini sudah tersedia kalender dalam versi cetak atau versi online yang dijadikan acuan oleh masyarakat Bali. Namun dari kalender yang tersedia belum ada kalender yang yang dapat dijadikan acuan khusus untuk masing-masing individu, karena kalender yang ada saat ini masih bersifat secara umum sehingga tidak semua orang cocok dengan hasil baik buruknya hari. Dari permasalahan yang terjadi maka perlu dibuatkan kalender yang dalam menentukan baik buruknya hari atau harmonisasi prilaku manusia dan alam yang dalam perhitungannya melibatkan hari kelahiran setiap individu yang bersangkutan. Dalam pembuatan kalender ini penulis menggunakan referensi dari Wariga BELOG. Adapun hasil dari penelitian ini adalah berupa kalender Bali online yang dapat mengetahui hasil harmonisasi prilaku manusia dengan alam.

Article Details

How to Cite
Ida Bagus Suradarma, Ni Luh Gede Pivin Suwirmayanti, Arnawa, I. B. K. S., & Komang Budiarta. (2023). Implementasi Harmonisasi Prilaku Manusia Dengan Alam Pada Kalender Bali Berbasis Wariga BELOG. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 17(1), 55-61. https://doi.org/10.30864/jsi.v17i1.486
Section
Articles

References

[1] I. Suarjana, I. Made Suharta, I. Gusti Putu Japa and G. Ngurah, "Etnomatematika Sistem Kalender Bali," In: Seminar Nasional Riset Inovatif, 2014.

[2] K. Suwintana and P. M. Prihatini, "Perancangan Aplikasi Kalender Bali Pada Smartphone Berbasis Android," In: Seminar Nasional Sains dan Teknologi, pp. 837-843, 2014.

[3] A. Kusuma and S. Rsi, Wariga Dewasa, Denpasar: Morodadi, 1979.

[4] N. Kadek, Y. Utami, W. Trisna, S. Tinggi, and D. Bali, “Kajian User Interface Pada Website Kalender Bali,” Pros. Semin. Nas. Desain dan Arsit., vol. 3, pp. 2655–4313, 2020, [Online]. Available: http://senada.std-bali.ac.id.

[5] T. I. P. Nyoman, Guide Book (Buku Pedoman Wariga belog), Gianyar: Koleksi Griya Cebaang Giri Kesuma, 2014.

[6] P. I. A. Putri, "Aplikasi Kalender Bali Berbasis Mobile Application pada Android Platform," Merpati, vol. 2, no. 1, pp. 106-117, 2014.

[7] N. M. Sukrawati and N. K. A. K. Putri, “Mendidik Kesadaran Individu Berdasarkan Wariga Belog,” Dharmasmrti J. Ilmu Agama dan Kebud., vol. 21, no. 2, pp. 87–94, 2021.

[8] I. P. C. Prawira, G. M. A. Sasmita, and I. P. A. Bayupati, “Pengembangan Aplikasi Kalender Saka Bali pada Sistem Operasi Machintos,” J. Ilm. Merpati Univ. Udayana, vol. 3, no. 2, p. 58â, 2015.

[9] N. K. A. Budiani and A. P. Sari, “MENGENAL PADEWASAN: KEYAKINAN, PILIHAN DAN HARAPAN,” Sanjiwani J. Filsafat, vol. 13, no. 2, pp. 188–196, 2022.

[10] M. A. Irwansyah and D. K. Kresna, “Rancang Bangun Sistem Informasi Manajemen Apotek Berbasis Client Server,” J. ELKHA, vol, vol. 2, no. 2, 2012.
Indexed and Journal List Title by: