Main Article Content

Gusti Ngurah Mega Nata

Abstract

Desa Kenderan mengusung desa wisata tetapi wisatawan yang datang setiap tahunnya semakin sedikit. Pada masa pandemi jumlah wisatawan yang berkunjung atau menginap pada villla di desa Kenderan semakin berkurang. Promosi melalui website statik yaitu berisi foto dan teks sudah dilakukkan, namun promosi seperti itu sudah biasa dimasa sekarang sehingga kurang menarik minat wisatawan untuk melihat atau membaca promosi tersebut. Virtual Tour adalah layanan informasi yang lebih interaktif dan menarik sebagai media promosi dimasa sekarang. Maka pada paper ini mengbangun media virtual tour sebagai media promosi dengan gambar 360 derajat sebagai media promosi di salah satu destinasi wisata air terjun yang berada di desa Kenderan. Tujuan dari penelitian ini yaitu terciptanya aplikasi virtual tour 360 derajat untuk promosi wisata desa Kenderan. Manfaat yang akan dihasilkan dari penelitian yaitu ditemukan teknik dan media promosi wisata desa Kenderan yang lebih efektif dan interaktif. Metode pengembangan Virtual Tour yaitu Multimedia Development Life Cycle (MDLC). Tool pengambilan gambar 360 derajat menggunakan kamera Insta360 One X, aplikasi pengembangan virtual tour menggunakan Tourwiver. Metode pengujian kuisioner menggunakan skala likert. Kuesioner diberikan kepada 30 responden dengan 5 pertanyaan. Hasil kuisioner responden memberikan respon “baik” atau nilai total yaitu 78.93% terhadap aplikai virtual tour dengan gambar panorama 360 yang disajikan.

Article Details

How to Cite
Gusti Ngurah Mega Nata. (2023). Penerapan Virtual Tour 360 Sebagai Promosi Wisata Desa Kenderan Berbasis Website. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 17(1), 30-39. https://doi.org/10.30864/jsi.v17i1.493
Section
Articles

References

[1]. Nata GNM. Penerapan Teknologi Komputer pada Perangkat Desa Pekeraman Kenderan Tegalalang Gianyar. WIDYABHAKTI J Ilm … [Internet]. 2022;4(3):95–100. Available from: https://mail.widyabhakti.stikom-bali.ac.id/index.php/widyabhakti/article/view/333

[2]. Ngurah G, Nata M, Yudiastra PP. Knowledge discovery pada email box sebagai penunjang email marketing knowledge discovery in the email box for support email marketing. J Sist dan Inform. 2017;26–37.

[3]. Nata GNM, Anthony S, Yudiastra PP. Knowledge Discovery And Virtual Tour To Support Tourism Promotion. IAIC Trans Sustain Digit Innov. 2020;2(2):94–106.

[4]. Jubaedi AD, Dwiyatno S. IMPLEMENTASI TEKNOLOGI VIRTUAL TOUR PADA MUSEUM. 2020;7(2):70–7.

[5]. Tiago MTPMB, Veríssimo JMC. Digital marketing and social media: Why bother? Bus Horiz. 2014;57(6):703–8.

[6]. Kannan PK, Li H “Alice.” Digital marketing: A framework, review and research agenda. Int J Res Mark [Internet]. 2017;34(1):22–45. Available from: http://dx.doi.org/10.1016/j.ijresmar.2016.11.006

[7]. Mustika. Rancang Bangun Aplikasi Sumsel Museum Berbasis Mobile Menggunakan Metode Pengembangan Multimedia Development Life Cycle (Mdlc). J Mikrotik. 2018;8(1):1–14.

[8]. Yulyantari LM. Pengujian Level of Use Media Evaluasi Peserta Didik Menggunakan Teori Usability Testing Berdasarkan Ranah Kognitif Berbasis Web. J Teknol Inf dan Komput. 2019;5(1).
Indexed and Journal List Title by: