Optimasi Klasifikasi Naive Bayes Menggunakan Analisis Kemiripan Data Untuk Mengukur Kinerja Dosen
Main Article Content
Abstract
Dosen memiliki kewajiban Tridarma yaitu wajib melaksanakan pendidikan, penelitian dan pengabdian kemapada masyarakat. Terdapat beberapa variabel yang dapat digunakan dalam mengukur kualitas kinerja dosen, seperti motivasi, kepemimpinanan, budaya organisasi, dan pelatihan. Beberapa penelitian sebelumnya memodelkan pengukuran dengan pendekatan klaisifikasi. Namun model klasifikasi perlu dioptimalkan untuk mendapatkan hasil yang optimal, misalnya dalam dengan pengukuran kemiripan data kinerja dosen sehingga mampu mendapatkan model yang optimal. Metode pengukuran kemiripan data dapat digunakan agar dapat mengelompokkan berdasarkan kelompok pola data dan mengurangi data yang bersifat redundant. Semakin banyak data yang memiliki kemiripan maka model akan mengklasifikasikan lebih cepat dan tepat. Penelitian ini melakukan optimasi klasifikasi menggunakan pengukuran kemiripan yaotu euclidean distance untuk mengelompokkan data sehingga didapatkan kelompok data yang serupa dan digunakan dalam pengukuran klasifikasi. Metode klasifikasi yang digunakan adalah naive bayes, dan optimasi menunjukkan model memiliki performa yang lebih baik dibandingkan tanpa menggunakan metode analisis kemiripan data dengan akurasi sebesar 0.757, precision 0.763, recall 0.757 dan F1-score adalah 0.755,. Pendekatan yang diusulkan dapat digunakan di perguruan tinggi untuk mengukur kinerja dosen yang menggunakan metode klasifikasi dengan hasil yang tepat dan cepat.
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) bersifat open access, yaitu dapat diakses secara umum tanpa dikenakan biaya. Penulis yang menerbitkan artikelnya di JSI setuju dengan ketentuan berikut:- JSI menggunakan perjanjian lisensi ekslusif, yaitu penulis memegang hak cipta atas artikel dan memberikan hak publikasi kepada Jurnal Sistem dan Informatika (JSI).
- JSI mempunyai hak ekslusif untuk mempublikasi dan mendistribusikan artikel secara sebagian atau keseluruhan, dan memberikan hak kepada orang lain sesuai dengan lisensi yang digunakan.
- JSI berhak untuk menyediakan artikel dalam berbagai bentuk dan media, sehingga artikel dapat digunakan untuk teknologi terbaru bahkan setelah dipublikasikan.
- JSI berhak untuk menegakkan hak-hak atas nama penulis pada artikel terhadap pihak ketiga. Misalnya dalam kasus plagiarisme atau pelanggaran hak cipta.
- Artikel harus dirujuk, link terhadap lisensi harus disediakan, dan jika terdapat bagian artikel yang diubah harus ditandai.
- Jika artikel disadur sehingga terdapat perubahan, hasil saduran harus didistribusikan menggunakan lisensi yang sama.
- Tidak diperkenankan untuk membatasi orang lain terhadap apa yang diperbolehkan oleh lisensi.
References
R. S. Sumarsih, D. P. Sari, A. M. Yusuf, E. Setiawati, F. Hidayati, and A. T. Baedawi, “College student work as a form of community service and the implementation of the tri dharma of higher education,” vol. 2, no. 3, pp. 222–230, 2022.
E. Ogbonna and L. C. Harris, “Leadership style, organizational culture and performance: Empirical evidence from UK companies,” Int. J. Hum. Resour. Manag., vol. 11, no. 4, pp. 766–788, 2000, doi: 10.1080/09585190050075114.
M. Bakare and Y. C. Ojeleye, “Participative Leadership Style and Employee Commitment in Federal College of Education (Technical) Gusau: Moderating role of Organizational Culture,” Int. J. Intellect. Discourse, vol. 3, no. 1, pp. 17–31, 2020.
D. H. GRESS, “Participatory Leadership: Leadership Characteristics of Secondary Schoolprincipals and Their Relationship To Perceived Subordinate Participation in the Decision-Making Process.,” ProQuest Diss. Theses, p. 233, 1974.
M. H. Bhatti, Y. Ju, U. Akram, M. H. Bhatti, Z. Akram, and M. Bilal, “Impact of participative leadership on organizational citizenship behavior: Mediating role of trust and moderating role of continuance commitment: Evidence from the pakistan hotel industry,” Sustain., vol. 11, no. 4, 2019, doi: 10.3390/su11041170.
M. Sağnak, “Participative Leadership and Change-Oriented Organizational Citizenship: The Mediating Effect of Intrinsic Motivation,” Eurasian J. Educ. Res., vol. 16, no. 62, pp. 181–194, 2016, doi: 10.14689/ejer.2016.62.11.
F. Sinani, “The Effects of Participative Leadership Practices on Job Satisfaction for Highly Skilled Virtual Teams,” ProQuest Diss. Theses, p. 173, 2016.
D. Al Rahbi, A. Dhabi University Khalizani Khalid, and M. Khan, “the Effects of Leadership Styles on Team Motivation,” Acad. Strateg. Manag. J., vol. 16, no. 2, pp. 1939–6104, 2017.
M. Indrasari, “The Effect Of Organizational Culture, Environmental Work, Leadership Style On The Job Satisfaction And Its Impact On The Performance Of Teaching In State Community Academy Bojonegoro,” Sinergi J. Ilm. Ilmu Manaj., vol. 7, no. 1, pp. 58–73, 2017, doi: 10.25139/sng.v7i1.30.
S. Langgeng Ratnasari, . R., G. Sutjahjo, and D. Yana, “Lecturer’s Performance: Leadership, Organizational Culture, Work Motivation, and Work Behavior,” KnE Soc. Sci., vol. 3, no. 10, pp. 1–7, 2018, doi: 10.18502/kss.v3i10.3416.
S. Langgeng Ratnasari, . R., G. Sutjahjo, and D. Yana, “Lecturer’s Performance: Leadership, Organizational Culture, Work Motivation, and Work Behavior,” KnE Soc. Sci., vol. 3, no. 10, 2018, doi: 10.18502/kss.v3i10.3416.
A. Tahnia, H. Fitria, and A. Wahidy, “The influence of organization culture on teacher performance of elementary school,” JPGI (Jurnal Penelit. Guru Indones., vol. 6, no. 2, p. 460, 2021, doi: 10.29210/021071jpgi0005.
H. Fitria, “The influence of organizational culture and trust through the teacher performance in the private secondary school in Palembang,” Int. J. Sci. Technol. Res., vol. 7, no. 7, pp. 82–86, 2018.
B. Schneider and K. M. Barbera, The Oxford Handbook of Organizational Climate and Culture. Oxford University Press, 2014.
I. Khan, A. R. Ahmad, N. Jabeur, and M. N. Mahdi, “An artificial intelligence approach to monitor student performance and devise preventive measures,” Smart Learn. Environ., vol. 8, no. 1, 2021, doi: 10.1186/s40561-021-00161-y.
V. V, “Comparison of Some Classification Algorithms for the Analysis of Students Academic Performance in Educational Data Mining Using Orange,” Int. J. Adv. Res. Sci. Commun. Technol., vol. 6, no. 1, pp. 318–324, 2021, doi: 10.48175/ijarsct-1394.
S. G. K. Patro and K. K. sahu, “Normalization: A Preprocessing Stage,” Iarjset, no. March, pp. 20–22, 2015, doi: 10.17148/iarjset.2015.2305.