Metode End User Computing Satisfaction untuk Analisis Kepuasan Siswa SMK Farmasi XYZ Terhadap Penggunaan E-learning
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis tingkat kepuasan siswa terhadap sistem e-learning di SMK Farmasi XYZ menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS). Metode EUCS digunakan untuk mengumpulkan data dan menganalisis tingkat kepuasan siswa terhadap berbagai aspek sistem e-learning. Data dikumpulkan melalui survei yang dibagikan kepada siswa SMK Farmasi XYZ. Hasil penelitian menunjukkan bahwa tingkat kepuasan siswa terhadap sistem e-learning secara keseluruhan cukup tinggi, yaitu 73,8 persen. Kelima faktor yang disebutkan (konten, format, akurasi, dan kemudahan penggunaan) pada sistem e-learning jika ditingkatkan secara bersamaan maka kepuasan siswa SMK Farmasi XYZ akan meningkat. Faktor yang memengaruhi kepuasan siswa SMK farmasi XYZ sebagai pengguna e-learning yang aktif menggunakan metode End User Computing Satisfaction (EUCS) adalah Content (konten).
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) bersifat open access, yaitu dapat diakses secara umum tanpa dikenakan biaya. Penulis yang menerbitkan artikelnya di JSI setuju dengan ketentuan berikut:- JSI menggunakan perjanjian lisensi ekslusif, yaitu penulis memegang hak cipta atas artikel dan memberikan hak publikasi kepada Jurnal Sistem dan Informatika (JSI).
- JSI mempunyai hak ekslusif untuk mempublikasi dan mendistribusikan artikel secara sebagian atau keseluruhan, dan memberikan hak kepada orang lain sesuai dengan lisensi yang digunakan.
- JSI berhak untuk menyediakan artikel dalam berbagai bentuk dan media, sehingga artikel dapat digunakan untuk teknologi terbaru bahkan setelah dipublikasikan.
- JSI berhak untuk menegakkan hak-hak atas nama penulis pada artikel terhadap pihak ketiga. Misalnya dalam kasus plagiarisme atau pelanggaran hak cipta.
- Artikel harus dirujuk, link terhadap lisensi harus disediakan, dan jika terdapat bagian artikel yang diubah harus ditandai.
- Jika artikel disadur sehingga terdapat perubahan, hasil saduran harus didistribusikan menggunakan lisensi yang sama.
- Tidak diperkenankan untuk membatasi orang lain terhadap apa yang diperbolehkan oleh lisensi.
References
A. S. Damayanti, Y. T. Mursityo, And A. D. Herlambang, “Evaluasi Kepuasan Pengguna Aplikasi Tapp Market Menggunakan Metode Eucs (End User Computing Satisfaction),” 2018. [Online]. Available: Http://J-Ptiik.Ub.Ac.Id
M. A. Sugandi And R. M. N. Halim, “Analisis End-User Computing Satisfaction (Eucs) Pada Aplikasi Mobile Universitas Bina Darma,” 2020.
A. Fitriansyah, I. Harris, K. Maha Vihara, D. Maitreya, S. Panas, And K. Batam, “Penerapan Dimensi Eucs (End User Computing Satisfaction) Untuk Mengevaluasi Tingkat Kepuasan Pengguna Situs Web,” 2018. [Online]. Available: Www.Uvers.Ac.Id
N. R. Setyoningrum, “Analisis Tingkat Kepuasan Pengguna Sistem Informasi Kerja Praktek Dan Skripsi (Skkp) Menggunakan Metode End User Computing Satisfaction (Eucs),” 2020. [Online]. Available: Http://Jurnal.Polibatam.Ac.Id/Index.Php/Jaic
D. Candra Muria Pratama And K. Dwi Hartomo, “Implementasi End User Computing Satisfaction (Eucs) Dalam Pengukuran Kepuasan Pengguna Situs Web Badan Pertanahan Nasional,” Jurnal Teknik Informatika Dan Sistem Informasi, Vol. 8, No. 4, 2021.
A. Nelson, V. Edelia Lim, T. Alvin Henk Saputra, And F. Bisnis Dan Manajemen, “Yume: Journal Of Management Perancangan Talent Acquisition Dan Talent Onboarding Terhadap Perusahaan Elektronik,” Yume: Journal Of Management, Vol. 5, No. 3, Pp. 352–357, 2022, Doi: 10.37531/Yume.Vxix.324.
Sugiyono, Metode Penelitian Dan Pengembangan Pendekatan Kualitatif, Kuantitatif, Dan R&D. 2015.
Ahlam, “Hubungan Kompetensi Guru Dan Pembelajaran Tematik Terhadap Hasil Belajar Siswa Di Madrasah Ibtidaiyah Negeri 1 Jember,” Skripsi Institut Agama Islam Negeri Jember Fakultas Tarbiyah Dan Ilmu Keguruan, 2019.
S. Saleh, “Statistik Pendidikan Teori Dan Praktik Dalam Pendidikan,” Medan, 2018.
D. R. Harjayanti, A. Rovita, And T. Yuwono, “Pengaruh Tingkat Pendidikan, Tingkat Literasi Keuangan, Instrumen Literasi Keuangan Pada Keputusan Pembelian Pada Media Online (Studi Kasus Masyarakat Di Daerah Tangerang Selatan),” Jurnal Mandiri: Ilmu Pengetahuan, Seni, Dan Teknologi, Vol. 4, No. 2, Pp. 199–209, 2020, Doi: 10.33753/Mandiri.V4i2.127.
T. Husain And A. Budiyantara, “Analisis End-User Computing Satisfaction (Eucs) Dan Webqual 4.0 Terhadap Kepuasan Pengguna”, [Online]. Available: Http://Bit.Ly/2bppcih.
A. E. Hadisuwarno And R. Bisma, “Analisis Penerimaan Pengguna Aplikasi E-Kinerja Dengan Metode Tram Dan Eucs Pada Kepolisian,” Teknologi, Vol. 10, No. 2, Pp. 93–109, Jul. 2020, Doi: 10.26594/Teknologi.V10i2.2062.