Metode eXtreme Programming (XP) dalam Pengembangan Fitur PPDB di SDN 1 Purwokerto Kulon
Main Article Content
Abstract
Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) adalah proses tahunan yang diadakan oleh sekolah-sekolah seperti SDN 1 Purwokerto Kulon. Penelitian ini berfokus pada SDN 1 Purwokerto Kulon yang masih menggunakan pendekatan manual dalam setiap tahap pendaftaran PPDB. Sebagai solusi, penelitian ini mengusulkan pengembangan Fitur Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) pada website SDN 1 Purwokerto Kulon untuk memberikan akses online kepada masyarakat dan meningkatkan efisiensi pelaksanaan PPDB. Tujuan utama dari fitur ini adalah untuk mengurangi kesalahan dalam penginputan data, mempercepat proses pengolahan data, dan memanfaatkan teknologi digital untuk memastikan pengumpulan data yang lebih akurat serta memperkuat komunikasi antara guru dan siswa. Pengembangan sistem ini menerapkan metode eXtreme Programming (XP) yang mengimplementasi iterasi cepat dan feedback terus-menerus selama proses pengembangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa implementasi sistem fitur PPDB online mampu meningkatkan efektivitas pengolahan data penerimaan peserta didik baru sebesar 74,10%. Peningkatan signifikan ini menegaskan bahwa sistem yang dikembangkan mampu mengatasi permasalahan yang telah diidentifikasi dalam perumusan masalah dan secara keseluruhan meningkatkan efisiensi operasional SDN 1 Purwokerto Kulon. Dengan demikian, penelitian ini menyimpulkan bahwa sistem PPDB online yang diimplementasikan tidak hanya menjawab tantangan efektivitas pengolahan data, tetapi juga membawa dampak positif bagi seluruh pemangku kepentingan yang terlibat.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) bersifat open access, yaitu dapat diakses secara umum tanpa dikenakan biaya. Penulis yang menerbitkan artikelnya di JSI setuju dengan ketentuan berikut:- JSI menggunakan perjanjian lisensi ekslusif, yaitu penulis memegang hak cipta atas artikel dan memberikan hak publikasi kepada Jurnal Sistem dan Informatika (JSI).
- JSI mempunyai hak ekslusif untuk mempublikasi dan mendistribusikan artikel secara sebagian atau keseluruhan, dan memberikan hak kepada orang lain sesuai dengan lisensi yang digunakan.
- JSI berhak untuk menyediakan artikel dalam berbagai bentuk dan media, sehingga artikel dapat digunakan untuk teknologi terbaru bahkan setelah dipublikasikan.
- JSI berhak untuk menegakkan hak-hak atas nama penulis pada artikel terhadap pihak ketiga. Misalnya dalam kasus plagiarisme atau pelanggaran hak cipta.
- Artikel harus dirujuk, link terhadap lisensi harus disediakan, dan jika terdapat bagian artikel yang diubah harus ditandai.
- Jika artikel disadur sehingga terdapat perubahan, hasil saduran harus didistribusikan menggunakan lisensi yang sama.
- Tidak diperkenankan untuk membatasi orang lain terhadap apa yang diperbolehkan oleh lisensi.
References
S. W. Susanti and S. Trihantoyo, “Pengembangan Digitalisasi Sekolah Melalui Website Untuk Membangun Branding SDN Jambangan I/413 Surabaya,” Edu Learning: Journal of Education and Learning, vol. 2, no. 1, pp. 116–125, 2023, [Online]. Available: https://internationalinstituteofresearch.org/journal/index.php/EL/article/view/42
Y. Mulyana, N. Ramsari, A. D. Rachmanto, and H. Puspita, “SISTEM INFORMASI PENERIMAAN PESERTA DIDIK BARU (PPDB) MENGGUNAKAN FRAMEWORK LARAVEL 8 (STUDI KASUS: SMK WIDYA DIRGANTARA),” Seminar Nasional Ilmu Komputer (SNASIKOM), vol. 2, no. 1, pp. 114–122, 2022, [Online]. Available: https://proceeding.unived.ac.id/index.php/snasikom/article/view/85
Marijan and S. Nurajizah, “Perancangan Sistem Informasi Akademik Berbasis Web Pada SD Islam Luqmanul Hakim Bekasi,” JURTEKSI (Jurnal Teknologi dan Sistem Informasi, vol. VI, no. 1, pp. 71–78, 2019, [Online]. Available: https://jurnal.stmikroyal.ac.id/index.php/jurteksi/article/view/399/331
W. Wianti, “Pelaksanaan Pelayanan Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Pada Sekolah Dasar Al-fath Cirendeu Tangerang Selatan,” Jurnal Pendidikan dan Kewirausahaan, vol. 7, no. 1, pp. 1–27, 2019, doi: https://doi.org/10.47668/pkwu.v7i1.16.
Hasbullah and S. Anam, “Evaluasi Kebijakan Sistem Zonasi Dalam Penerimaan Peserta Didik Baru (PPDB) Di Tingkat Sekolah Menengah Pertama Negeri (SMPN) Di Kabupaten Pamekasan,” REFORMASI: Jurnal Ilmiah Ilmu Sosial dan Ilmu Politik, vol. 9, no. 2, pp. 112–122, 2019, doi: https://doi.org/10.33366/rfr.v9i2.1413.
A. Muhaimin and H. Herianto, “Rancang Bangun Sistem Informasi Penerimaan Peserta Didik Baru Berbasis Web Pada Sdit Al-Manar,” Jurnal Ilmu Komputer, vol. 10, no. 1, pp. 8–13, 2021, doi: 10.33060/jik/2021/vol10.iss1.206.
A. Supriyatna, “Metode Extreme Programming Pada Pembangunan Web Aplikasi Seleksi Peserta Pelatihan Kerja,” JURNAL TEKNIK INFORMATIKA, vol. 11, no. 1, pp. 1–18, May 2018, doi: 10.15408/jti.v11i1.6628.
Herfandi, S. Dwiasnati, K. A. Baihaqi, and R. Avrizal, “Perancangan Sistem Penerimaan Siswa Baru Berbasis Web Pada Sekolah Dasar Islam Plus Baitul Maal,” Faktor Exacta, vol. 15, no. 2, pp. 117–126, 2022, doi: https://doi.org/10.30998/faktorexacta.v15i2.12894.
A. Anharudin, S. Siswanto, and R. M. Syakira, “Rancang Bangun Data Storage System berbasis Web Dengan Metode Extreme Programming,” Jurnal Tekno Kompak, vol. 16, no. 1, p. 123, Feb. 2022, doi: 10.33365/jtk.v16i1.1454.
S. Oktaviani, A. Priyanto, and C. Wiguna, “Implementasi Extreme Programming Pada Sistem Informasi Program Kreativitas Mahasiswa Berbasis Web,” JSiI (Jurnal Sistem Informasi), vol. 9, no. 1, pp. 89–94, Mar. 2022, doi: 10.30656/jsii.v9i1.3666.
I. Carolina and A. Supriyatna, “Penerapan Metode Extreme Programming Dalam Perancangan Aplikasi Perhitungan Kuota SKS Mengajar Dosen,” IKRA-ITH Informatika, vol. 3, no. 1, pp. 106–113, 2019, [Online]. Available: https://journals.upi-yai.ac.id/index.php/ikraith-informatika/article/view/306