E-modul untuk Online Learning Berbasis Learning Management System (LMS) Moodle
Main Article Content
Abstract
Tujuan dari penelitian ini adalah mengembangkan produk e-modul untuk perkuliahan online dengan menggunakan software moodle sebagai salah satu aplikasi Learning Management System (LMS) dengan karakteristik interaktif, menarik dan menyenangkan Metode penelitian untuk pengembangan e-modul menggunakan model ADDIE yang terdiri dari tahapan Analysis, Design. Development, Implementation and Evaluation. Teknik pengumpulan data menggunakan kuesioner dengan skala likert. Hasil penelitian ini adalah berupa e-modul yang telah diuji coba oleh dosen pengampu mata kuliah Sistem Informasi Geografis dengan menggunakan kuesioner, skala likert untuk pilihan jawaban dengan nilai 87 % yang dinyatakan bahwa e-modul sangat baik digunakan sebagai media pembelajaran. Uji coba kedua oleh mahasiswa dengan menjawab pertanyaan dengan hasil rata-rata persentase 88 % berdasarkan tabel kategori dinyatakan bahwa e-modul sangat baik untuk digunakan sebagai media pembelajaran.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) bersifat open access, yaitu dapat diakses secara umum tanpa dikenakan biaya. Penulis yang menerbitkan artikelnya di JSI setuju dengan ketentuan berikut:- JSI menggunakan perjanjian lisensi ekslusif, yaitu penulis memegang hak cipta atas artikel dan memberikan hak publikasi kepada Jurnal Sistem dan Informatika (JSI).
- JSI mempunyai hak ekslusif untuk mempublikasi dan mendistribusikan artikel secara sebagian atau keseluruhan, dan memberikan hak kepada orang lain sesuai dengan lisensi yang digunakan.
- JSI berhak untuk menyediakan artikel dalam berbagai bentuk dan media, sehingga artikel dapat digunakan untuk teknologi terbaru bahkan setelah dipublikasikan.
- JSI berhak untuk menegakkan hak-hak atas nama penulis pada artikel terhadap pihak ketiga. Misalnya dalam kasus plagiarisme atau pelanggaran hak cipta.
- Artikel harus dirujuk, link terhadap lisensi harus disediakan, dan jika terdapat bagian artikel yang diubah harus ditandai.
- Jika artikel disadur sehingga terdapat perubahan, hasil saduran harus didistribusikan menggunakan lisensi yang sama.
- Tidak diperkenankan untuk membatasi orang lain terhadap apa yang diperbolehkan oleh lisensi.
References
M. Zabolotniaia, Z. Cheng, E. M. Dorozhkin, and A. I. Lyzhin, “Use of the LMS Moodle for an effective implementation of an innovative policy in higher educational institutions,” International Journal of Emerging Technologies in Learning, vol. 15, no. 13, 2020, doi: 10.3991/ijet.v15i13.14945.
Sudianto, Dwijanto, and N. R. D. N. Adhi, “Students’ Creative Thinking Abilities and Self Regulated Learning on Project-Based Learning with LMS Moodle,” Ujmer: Unnes Journal of Mathematics Education Research, vol. 8, no. 1, 2019.
R. A. H. Cahyadi, “Pengembangan Bahan Ajar Berbasis Addie Model,” Halaqa: Islamic Education Journal, vol. 3, no. 1, 2019, doi: 10.21070/halaqa.v3i1.2124.
R. A. Salas-Rueda, É. P. Salas-Rueda, and R. D. Salas-Rueda, “Analysis and design of the web game on descriptive statistics through the addie model, data science and machine learning,” International Journal of Education in Mathematics, Science and Technology, vol. 8, no. 3, 2020, doi: 10.46328/IJEMST.V8I3.759.
S. J. Yu, Y. L. Hsueh, J. C. Y. Sun, and H. Z. Liu, “Developing an intelligent virtual reality interactive system based on the ADDIE model for learning pour-over coffee brewing,” Computers and Education: Artificial Intelligence, vol. 2, 2021, doi: 10.1016/j.caeai.2021.100030.
C. Handrianto, A. J. Jusoh, P. S. C. Goh, and N. A. Rashid, “Using ADDIE Model for Designing Instructional Strategies to Improve Teaching Competency of Secondary School’s Teachers,” E-Prosiding Webinar Konvensyen Kaunseling Kebangsaan, no. 6, 2021.
R. A. Latif and M. Z. M. Nor, “Using the addie model to develop a rusnani concept mapping guideline for nursing students,” Malaysian Journal of Medical Sciences, vol. 27, no. 6, 2020, doi: 10.21315/mjms2020.27.6.11.
H. C. Yeh and S. S. Tseng, “Using the ADDIE model to nurture the development of teachers’ CALL professional knowledge,” Educational Technology and Society, Vol. 22, no. 3, 2019.
S. Ayob and M. F. Omidire, “Storyboards as a Qualitative Method of Exploring Learners’ Experience With the Use of a Multilingual Support Strategy,” Int J Qual Methods, vol. 20, 2021, doi: 10.1177/16094069211034391.
Jimmi Copriady dkk,“Pengembangan E-modul Berbasis Moodle Pada Materi Hidrokarbon”, EDUSAINS, Vol 12, No. 1, 2020.
Agustini, K. (2014). “Matrik BluePrint dalam Desertasi Pengembangan Media Ajar Berteknologi Hypertext untuk Perkuliahan Komunikasi Data dan Jaringan Komputer Berbasis Kearifan Lokal Konsep Subak,” Jakarta: Universitas Negeri Jakarta.