Main Article Content

Mutmainnah
Sugeng Wibowo
Hariyanto

Abstract

Usaha Mikro, Kecil dan Menengah (UMKM) memiliki posisi krusial dalam kancah ekonomi dan memerlukan akselerasi untuk memastikan kontribusi positif terhadap kesejahteraan publik. Kendala utama yang dihadapi UMKM adalah promosi produk yang masih terbatas pada pameran konvensional, sehingga membatasi jangkauan pasar. Ini menjadi tantangan utama bagi DISDAGKOP UKM Kabupaten Batang Hari. Penelitian ini berkontribusi melalui implementasi sistem promosi UMKM berbasis website. Subjek penelitian adalah Bidang UKM pada DISDAGKOP UKM dan perwakilan pelaku UMKM. Metode yang digunakan adalah pendekatan prototipe, dengan perancangan sistem menggunakan UML. Teknik pengumpulan data melibatkan observasi, wawancara, dan studi literatur, yang kemudian dianalisis menggunakan analisis deskriptif kualitatif. Pengujian aplikasi dilakukan dengan pengujian Black Box. Hasil penelitian adalah sistem informasi promosi website yang terimplementasi, teruji fungsional, dan dinilai layak. Sistem ini memfasilitasi DISDAGKOP UKM dalam mendukung pemasaran digital dan meningkatkan efisiensi pengolahan data UMKM Kabupaten Batang Hari. Pemanfaatan teknologi informasi ini dapat mendukung pengembangan UMKM secara signifikan

Article Details

How to Cite
Mutmainnah, Sugeng Wibowo, & Hariyanto. (2025). Implementasi Sistem Informasi Promosi UMKM Berbasis Website pada DISDAGKOP UKM Kabupaten Batang Hari. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 19(2), 20-31. https://doi.org/10.30864/jsi.v19i2.732
Section
Articles

References

[1] Shinta Nilam Sari Muslim, Firman Nurdiyansyah, and Adryan Syah, “Implementasi Sistem Informasi Berbasis Web untuk Optimalisasi Operasional pada UMKM Krupuk Singkong Nusantara Putra,” J. Creat. Student Res., vol. 2, no. 3, pp. 287–296, 2024, doi: 10.55606/jcsr-politama.v2i3.3926.
[2] S. Avriyanti, “Peran E-Commerce untuk Meningkatkan Keunggulan Kompetitif di Era Industri 4.0 (Studi pada UKM yang terdaftar pada Dinas Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah Kabupaten Tabalong),” J. PubBis, vol. 4, no. 1, pp. 82–99, 2020.
[3] A. Tempo, “Kerja Cepat Membangun Batang Hari,” Tempo. Accessed: Mar. 29, 2025. [Online]. Available: https://www.tempo.co/info-tempo/pembangunan-kabupaten-batang-hari-24395
[4] Mutmainnah and H. Mulyono, “Analisis Dan Perancangan Sistem Informasi Promosi UMKM Pada Diskoperindag Kabupaten batang Hari,” Manaj. Sist. Informsi, vol. 3, no. 2, pp. 1071–1082, 2018, [Online]. Available: https://ejournal.unama.ac.id/index.php/jurnalmsi/article/view/1252
[5] D. Jenderal et al., “Inovasi Pemasaran Produk Umkm Dalam Meningkatkan Daya Saing,” J. Ilm. Mhs. Ekon. Manaj. TERAKREDITASI SINTA, vol. 4, no. 1, pp. 418–432, 2021, [Online]. Available: http:jim.unsyiah.ac.id/ekm
[6] S. Ardilla and N. H. Hadinata, “Sistem informasi marketplace produk usaha mikro kecil menengah (umkm),” J. Digit. Teknol. Inf., vol. 5, no. 2, p. 86, 2022, doi: 10.32502/digital.v5i2.4986.
[7] J. ; Hendrawan, I. P. Devi, and M. Ramadhani, “RANCANG BANGUN SISTEM INFORMASI UKM PANCA BUDI BERBASIS WEBSITE,” vol. 3, no. 1, pp. 18–24, 2020.
[8] M. R. ZamZami, N. C. Wibowo, S. F. Ana Wati, I. Ghozali, and M. R. Imawan, “Rancang Bangun Sistem Informasi Berbasis Web Menggunakan Metode Waterfall,” Cyclotron, vol. 7, no. 01, pp. 61–66, 2024, doi: 10.30651/cl.v7i01.21084.
[9] D. Ternando and H. Mulyono, “Sistem Informasi Promosi Berbasis Web Pada UMKM Jajanan Aulia,” J. Manaj. Sist. Inf., vol. 7, no. 3, pp. 487–500, 2022, doi: 10.33998/jurnalmsi.2022.7.3.185.
[10] U. Utami, K. Yasdomi, K. Sabri, N. Safitri, and M. Rifqi, “Rancangan Sistem Informasi Promosi Produk UMKM Desa Rambah Tengah Hulu Berbasis Web,” Remik, vol. 7, no. 1, pp. 713–723, 2023, doi: 10.33395/remik.v7i1.12168.
[11] E. Nurachmad, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Promosi Berbasis Web Bagi UKM di Wilayah Kota Bogor,” vol. 9, no. 2, 2021, doi: 10.37641/jimkes.v9i2.770.
[12] I. Kurniawan, Roma Dhoni, D. A. Saputra, and A. M. Fakhri Rahmat Wahyudin, “IMPLEMENTASI METODE PROTOTYPE PADA SISTEM INFORMASI DIGITAL ANGKRINGAN BERBASIS WEB DI KECAMATAN MAYONG,” J. Inf. Syst. Comput., vol. 3, no. 1, pp. 20–26, 2023, doi: 10.36350/jbs.v13i1.183.
[13] E. Nurlelah, F. N. Hasan, and R. Maryani, “Implementasi Model Prototype Pada Sistem Informasi Persediaan Bahan Baku Menggunakan Metode Economic Order Quantity,” vol. 4, no. 3, pp. 1501–1511, 2023, doi: 10.30865/klik.v4i3.1351.
[14] S. N. Oktaviani, C. F. Aziz, and B. M. Sulthon, “Analisa UI / UX Sistem Informasi Penjualan Berbasis Mobile Menggunakan Metode Prototype,” vol. 2, no. 6, pp. 225–233, 2022.
[15] Mutmainnah, T. S. Sri, and dkk, Strategi Implementasi Sistem Informasi. Yogyakarta: PT Penamuda Media, 2025. [Online]. Available: https://penasitasi.com/index.php/book/article/view/5
[16] M. F. Siahaan, M. Hendri, and S. Lindawati, “JURNAL ARMADA INFORMATIKA STMIK Methodist Binjai Perancangan Sistem Informasi Promosi Dan Penjualan Pada PT. Gaya Makmur Mulia Menggunakan Metode Prototype,” J. Armada Inform., vol. 6, no. 2, 2022, [Online]. Available: https://doi.org/
[17] M. F. Siddiq and M. Retnowo, “Sistem Informasi Pemesanan Menu Makanan dan Minuman pada Kafe Lori Berbasis Web,” vol. 4, no. 3, pp. 1255–1263, 2023, doi: 10.30865/klik.v4i3.1375.
[18] Z. Karman, C. O. S, and S. N. Marwiyah, “Analisis dan Perancangan Sistem Informasi Pembayaran Pajak Air Permukaan Pada Badan Keuangan Daerah Berbasis Web,” vol. 4, no. 3, pp. 1860–1868, 2023, doi: 10.30865/klik.v4i3.1443.
[19] J. Saptia Kurnia and F. Risyda, “Rancang Bangun Penerapan Model Prototype Dalam Perancangan Sistem Informasi Pencatatan Persediaan Barang Berbasis Web,” J. Sist. Inf. Univ. Suryadarma, vol. 8, no. 2, pp. 223–230, 2014, doi: 10.35968/jsi.v8i2.737.
[20] M. Alda, M. H. Koto, and A. Wardani, “Implementasi Metode Prototyping Pada Rancangan Toko Tanaman Berbasis Android,” Rabit J. Teknol. dan Sist. Inf. Univrab, vol. 8, no. 2, pp. 254–261, 2023, doi: 10.36341/rabit.v8i2.3156.
Indexed and Journal List Title by: