Main Article Content

Fajar Darmawan
Wanda Gusdya Purnama
Anggoro Ari Nurcahyo

Abstract

Penelitian ini dibuat berdasarkan kebutuhan layanan akademik di lingkungan Fakuktas Teknik UNPAS, Dimana masih ada persoalan terkait informasi untuk mahasiswa dalam panduan akademik seperti tata cara penyusunan kartu rencana studi, pemahaman terkait pedoman penulisan laporan tugas akhir. Sehingga tujuan dari penelitian ini adalah membuat aplikasi layanan akademik chatbot yang interaktif dan membantu mahasiswa dalam memberikan jawaban relevan terkait panduan akademik. Langkah-langkah yang dilakukan dalam penelitian ini diawali dengan identifikasi masalah yang akan mendetailkan permasalahan mahasiswa , pengumpulan data yang relevan seperti dokumen-dokumen dari berbagai sumber, Pemilihan model dimana model yang dipilih adalah Large Language Model atau LLM dengan memanfaatkan AI, Pengembangan chatbot dan yang terakhir adalah evaluasi. Hasil dari penelitian pada Tahap pertama ini adalah telah dibangunnya system Chatbot versi awal yang sudah dapat digunakan, tetapi masih ada perlu perbaikan dalam hal konsistensi jawaban yang diakibatkan dari pemanfaatan dokumen yang diacu sebagai pengetahuan masih bercampur dengan dokumen yang tidak relevan

Article Details

How to Cite
Darmawan, F., Wanda Gusdya Purnama, & Anggoro Ari Nurcahyo. (2025). Prototipe Sistem Chatbot Panduan Akademik Fakultas Teknik Unpas menggunakan Large Language Model. Jurnal Sistem Dan Informatika (JSI), 19(2), 72-82. https://doi.org/10.30864/jsi.v19i2.733
Section
Articles

References

M. P. d. Kebudayaan, PERATURAN MENTERI PENDIDIKAN DAN KEBUDAYAAN REPUBLIK INDONESIA NOMOR 49 TAHUN 2014, 2014.
G. P. Nugraha, L. H. Suadaa, N. Wilantika, L. R. Maghfiroh, “Pengembangan Aplikasi Chatbot dengan Large Language Model untuk Text-to-SQL Generation Studi Kasus Pemeriksaan Anomali Data Sensus Pertanian”, Seminar Nasional Official Statictics, 2024
A. M. Turing, “Computing machinery and intelligence,” Mind, vol. 59, no. 236, pp. 433-460, 1950.
A. P. Saygin, I. Cicekli dan V. Akman, “Turing Test: 50 Years Later,” Minds and Machine, vol. 10, pp. 463-518, 2000.
M. Černý, “The history of chatbots: the journey from psychological experiment to educational object,” Journal of Applied Technical and Educational Sciences, vol. 12, 2022.
B. Heller, M. Procter, D. Mah, L. Jewell dan B. Cheung, “Freudbot: An Investigation of Chatbot Technology in Distance Education,” dalam EdMedia + Innovate Learning, Montreal, 2005.
R. Winkler dan M. Soellner, “Unleashing the Potential of Chatbots in Education: A State-Of-The-Art Analysis,” dalam AOM Annual Meetings, Chicago, 2018.
T. Adiguzel, M. H. Kaya dan F. K. Cansu, “Revolutionizing education with AI: Exploring the transformative potential of ChatGPT,” CONT ED TECHNOLOGY, vol. 15, no. 3, 2023.
H. A. Santoso, N. A. S. Winarsih, E. Mulyanto, G. W. Saraswati, S. E. Sukmana, S. Rustad, M. S. Rohman, A. Nugraha dan F. Firdausillah, “Dinus Intelligent Assistance (DINA) Chatbot for University Admission Services,” dalam International Seminar on Application for Technology of Information and Communication (iSemantic), 2018.
C. Raffel, N. Shazeer, A. Roberts, K. Lee, S. Narang, M. Matena, Y. Zhou, W. Li dan P. J. Liu, “Exploring the Limits of Transfer Learning with a Unified,” Journal of Machine Learning Research, vol. 21, 2020.
F. Petroni, T. Rocktaschel, P. Lewis, A. Bakhtin, Y. Wu, A. H. Miller dan S. Riedel, “Language Models as Knowledge Bases?,” EMNLP, 2019.
Z. Jiang, F. F. Xu, J. Araki dan G. Neubig, “How Can We Know What Language Models Know?,” TACL, 2020.
P. Liu, W. Yuan, J. Fu, Z. Jiang, H. Hayashi dan G. Neubig, “Pre-train, Prompt, and Predict: A Systematic Survey,” ACM Computing Surveys, vol. 55, no. 9, 2023.
H. Elsahar, P. Vougiouklis, A. Remaci, C. Gravier, J. Hare, E. Simperl dan F. Laforest, “T-REx: A Large Scale Alignment of Natural Language with,” dalam International Conference on Language Resources and Evaluation, 2018.
Indexed and Journal List Title by: