Pengembangan Aplikasi AR Terintegrasi IoT untuk Visualisasi Arsitektur dan Smart Home
Main Article Content
Abstract
Penelitian ini mengatasi keterbatasan metode visualisasi arsitektur konvensional yang hanya memberikan pemahaman sekitar 70% serta kesenjangan dalam integrasi Augmented Reality (AR) dan Internet of Things (IoT). Tujuannya adalah mengembangkan aplikasi AR terintegrasi dengan sistem IoT untuk visualisasi desain arsitektur dan kontrol perangkat rumah pintar menggunakan pendekatan mixedmethod dengan model pengembangan ADDIE. Sistem dibangun menggunakan Unity 3D sebagai engine AR, Vuforia SDK untuk deteksi marker, NodeMCU ESP8266 dengan sensor DHT22 untuk monitoring suhu, serta sistem relay dan Blynk untuk kontrol pencahayaan. Pengujian melibatkan 68 responden menggunakan instrumen System Usability Scale (SUS), uji akurasi marker, dan evaluasi latensi sistem. Hasil menunjukkan skor SUS sebesar 80,96 (kategori “Good”), akurasi deteksi marker mencapai 92%, dan peningkatan pemahaman pengguna menjadi 85,7% (p < 0,05). Sistem monitoring suhu memiliki akurasi ±1 °C dengan pembaruan setiap 5 detik. Walaupun latensi kontrol IoT mencapai 4000 ms, interaksi tetap dapat diterima untuk konteks rumah pintar. Penelitian ini berhasil mengintegrasikan AR dan IoT secara efektif, memberikan kontribusi nyata terhadap transformasi digital di industri arsitektur serta pengembangan ekosistem bangunan pintar yang interaktif dan efisien
Article Details

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) bersifat open access, yaitu dapat diakses secara umum tanpa dikenakan biaya. Penulis yang menerbitkan artikelnya di JSI setuju dengan ketentuan berikut:- JSI menggunakan perjanjian lisensi ekslusif, yaitu penulis memegang hak cipta atas artikel dan memberikan hak publikasi kepada Jurnal Sistem dan Informatika (JSI).
- JSI mempunyai hak ekslusif untuk mempublikasi dan mendistribusikan artikel secara sebagian atau keseluruhan, dan memberikan hak kepada orang lain sesuai dengan lisensi yang digunakan.
- JSI berhak untuk menyediakan artikel dalam berbagai bentuk dan media, sehingga artikel dapat digunakan untuk teknologi terbaru bahkan setelah dipublikasikan.
- JSI berhak untuk menegakkan hak-hak atas nama penulis pada artikel terhadap pihak ketiga. Misalnya dalam kasus plagiarisme atau pelanggaran hak cipta.
- Artikel harus dirujuk, link terhadap lisensi harus disediakan, dan jika terdapat bagian artikel yang diubah harus ditandai.
- Jika artikel disadur sehingga terdapat perubahan, hasil saduran harus didistribusikan menggunakan lisensi yang sama.
- Tidak diperkenankan untuk membatasi orang lain terhadap apa yang diperbolehkan oleh lisensi.
References
[2] E. A. Cooper, “The Perceptual Science of Augmented Reality,” Annu. Rev. Vis. Sci., vol. 9, pp. 455–478, 2023, doi: 10.1146/annurev-vision-111022-123758.
[3] A. Mostafa and A. Alaqeeli, “Benefits and Challenges of Integrating IoT, VR & AR in the BIM-based Facility Management Process: Literature and Case-based Analysis,” J. Eng. Res., vol. 6, no. 4, pp. 25–40, 2022, doi: 10.21608/erjeng.2022.265269.
[4] A. A. Syahidi, K. Arai, H. Tolle, A. A. Supianto, and K. Kiyokawa, “Augmented Reality in the Internet of Things (AR + IoT): A Review,” IJICS (International J. Informatics Comput. Sci., vol. 5, no. 3, p. 258, 2021, doi: 10.30865/ijics.v5i3.3341.
[5] M. D. Osorto Carrasco and P. H. Chen, “Application of mixed reality for improving architectural design comprehension effectiveness,” Autom. Constr., vol. 126, no. March, 2021, doi: 10.1016/j.autcon.2021.103677.
[6] A. S. Depari, R. Sitepu, Hijriah, A. F. Fadia, and A. A. Putri, “Penerapan Augmented Reality dalam Desain Arsitektur Sebagai Upaya Keberlanjutan di Dunia Konstruksi Andi,” no. November, 2024.
[7] McKinsey Indonesia, “McKinsey & Company: Unlocking Indonesia’s Digital Opportunity,” McKinsey Co., no. October, pp. 1–28, 2016, [Online]. Available: https://www.mckinsey.com/~/media/McKinsey/Locations/Asia/Indonesia/Our Insights/Unlocking Indonesias digital opportunity/Unlocking_Indonesias_digital_opportunity.ashx
[8] Y. Z̲A̲K̲A̲R̲I̲A̲, “Opportunities and Obstacles: Exploring the Advantages and Disadvantages of Integrating IoT, VR, and AR in BIM-based Facility Management,” linkedin. Accessed: Jun. 12, 2025. [Online]. Available: https://www.linkedin.com/pulse/opportunities-obstacles-exploring-advantages-iot-vr-z-a-k-a-r-i-a-/