Penentuan Lokasi Pemasaran Produk dengan Menerapkan Metode AHP dan Weighted Product
Main Article Content
Abstract
Bali merupakan pulau yang banyak dikunjungi oleh wisatawan domestik maupun mancanegara. Usaha perdagangan yang muncul dengan adanya sektor pariwisata adalah usaha penjualan oleh-oleh khas Bali. Pada saat ini mulai banyak bermunculan usaha penjualan oleh-oleh yang cukup lengkap dan skala besar. Munculnya banyak usaha penjualan oleh-oleh menyebabkan adanya persaingan antara masing-masing usaha. Masing-masing usaha berusaha mengembangkan usahanya dengan membuka cabang pada beberapa wilayah dan lokasi di Bali untuk lebih memasarkan produknya. Pemasaran dapat dilakukan dengan banyak cara, salah satunya adalah memperluas pemasaran dengan membuka cabang usaha tersebut ditempat yang berbeda. Penentuan lokasi pemasaran produk dapat dilakukan dengan menggunakan beberapa metode yang terdapat pada sistem pendukung keputusan. Pada penelitian akan dilakukan penentuan lokasi pemasaran produk dengan menerapkan metode AHP dan Weighted product berdasarkan kriteria-kriteria yang ditetapkan. Dengan adanya penerapan metode diharapkan dapat membantu usaha penjualan oleh-oleh khas Bali untuk menentukan lokasi pemasaran produk sehingga dapat meningkatkan penjualan usaha. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendefinisian masalah, pengumpulan data, analisis, implementasi metode dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan perhitungan dengan kedua metode, dengan menggunakan metode AHP didapatkan hasil terbaik adalah alternatif lokasi 1 (A1) dengan nilai 0.30841836. Sedangkan dengan menggunakan metode Weighted product, didapatkan hasil terbaik adalah alternatif 5 (A5) dengan nilai 0.23597.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) bersifat open access, yaitu dapat diakses secara umum tanpa dikenakan biaya. Penulis yang menerbitkan artikelnya di JSI setuju dengan ketentuan berikut:- JSI menggunakan perjanjian lisensi ekslusif, yaitu penulis memegang hak cipta atas artikel dan memberikan hak publikasi kepada Jurnal Sistem dan Informatika (JSI).
- JSI mempunyai hak ekslusif untuk mempublikasi dan mendistribusikan artikel secara sebagian atau keseluruhan, dan memberikan hak kepada orang lain sesuai dengan lisensi yang digunakan.
- JSI berhak untuk menyediakan artikel dalam berbagai bentuk dan media, sehingga artikel dapat digunakan untuk teknologi terbaru bahkan setelah dipublikasikan.
- JSI berhak untuk menegakkan hak-hak atas nama penulis pada artikel terhadap pihak ketiga. Misalnya dalam kasus plagiarisme atau pelanggaran hak cipta.
- Artikel harus dirujuk, link terhadap lisensi harus disediakan, dan jika terdapat bagian artikel yang diubah harus ditandai.
- Jika artikel disadur sehingga terdapat perubahan, hasil saduran harus didistribusikan menggunakan lisensi yang sama.
- Tidak diperkenankan untuk membatasi orang lain terhadap apa yang diperbolehkan oleh lisensi.