Menciptakan Keunggulan Bersaing Melalui Customer Relationship Management (Studi Kasus: Politeknik Ganesha Guru)
Main Article Content
Abstract
Ada beberapa variabel yang mempengaruhi kualitas customer value di Politeknik Ganesha Guru, variabel - variabel tersebut adalah site functionality dan site design (Desain Visual). Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui ada tidaknya pengaruh signifikan baik secara simultan maupun parsial dari variabel site functionality, site design (Desain Visual) terhadap customer value di Politeknik Ganesha Guru. Selain itu juga ingin diketahui variabel yang berpengaruh dominan terhadap customer value, kelemahan dan kelebihan Web Politeknik Ganesha yang sedang berjalan dan mengetahui kebutuhan website seperti apa yang dapat mendukung proses bisnis di Politeknik Ganesha Guru. Dalam pengambilan sampel dilakukan dengan metode purposive sampling, yang merupakan metode pengambilan sampel dengan didasarkan pada kriteria tertentu, dimana responden yang diwawancarai, adalah yang ditemui di lokasi penelitian sesuai kepentingan dan keperluan peneliti. Tehnik analisa data mempergunakan analisa regresi linier dan analisa kualitatif/deskriptif. Hasil analisis dari penelitian ini menemukan bahwa variabel site functionality dan site design terbukti baik secara bersama-sama maupun parsial berpengaruh signifikan terhadap customer value di Politeknik Ganesha Guru. Besarnya pengaruh variabel bebas secara bersama-sama sebesar 61,6 persen terhadap customer value. Sisanya sebesar 38,4 persen dipengaruhi oleh faktor lainnya. Variabel yang berpengaruh dominan terhadap customer value adalah site functionality.
Article Details
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Jurnal Sistem dan Informatika (JSI) bersifat open access, yaitu dapat diakses secara umum tanpa dikenakan biaya. Penulis yang menerbitkan artikelnya di JSI setuju dengan ketentuan berikut:- JSI menggunakan perjanjian lisensi ekslusif, yaitu penulis memegang hak cipta atas artikel dan memberikan hak publikasi kepada Jurnal Sistem dan Informatika (JSI).
- JSI mempunyai hak ekslusif untuk mempublikasi dan mendistribusikan artikel secara sebagian atau keseluruhan, dan memberikan hak kepada orang lain sesuai dengan lisensi yang digunakan.
- JSI berhak untuk menyediakan artikel dalam berbagai bentuk dan media, sehingga artikel dapat digunakan untuk teknologi terbaru bahkan setelah dipublikasikan.
- JSI berhak untuk menegakkan hak-hak atas nama penulis pada artikel terhadap pihak ketiga. Misalnya dalam kasus plagiarisme atau pelanggaran hak cipta.
- Artikel harus dirujuk, link terhadap lisensi harus disediakan, dan jika terdapat bagian artikel yang diubah harus ditandai.
- Jika artikel disadur sehingga terdapat perubahan, hasil saduran harus didistribusikan menggunakan lisensi yang sama.
- Tidak diperkenankan untuk membatasi orang lain terhadap apa yang diperbolehkan oleh lisensi.